Dipulangkan dari Malaysia, TKI Meninggal Mengenaskan

Ilustrasi jenazah.
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao

VIVA.co.id - Duka menyelimuti keluarga Tenaga Kerja Indonesia asal Bogor, berinisial AT. Ia meninggal dan sudah dipulangkan ke Tanah Air. Jenazah AT kemudian tiba di rumah duka Sabtu, 14 Oktober 2017, dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB sebelum siang harinya dimakamkan.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Kakak kandung korban, S, enggan memberikan keterangan lebih jelas. Ia hanya menyebutkan kalau adiknya itu meninggal di Ipoh, Malaysia. 

"Saya sebagai juru bicara keluarga diminta jangan dulu memberikan keterangan sebelum ada keterangan dari Kemenlu," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 15 Oktober 2017.

Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara

Saat dimintai keterangan, seorang warga yang tinggal di samping rumah keluarga korban, T, sedikit mengetahui penyebab kematian almarhumah. 

Menurutnya, korban diduga dibunuh oleh anak tirinya di Malaysia. Anak tersebut memiliki dendam kepada AT yang dinikahi orang tuanya. Namun, informasi dari tetangga TKI ini belum terkonfirmasi.
 
"Saya dengar dia dinikahi sama majikannya. Tidak tahu kenapa anaknya dendam," kata T.

Satu TKI asal Jatim Meninggal Setiba di Surabaya, Bukan COVID-19

Saat dipulangkan, jenazah AT dalam keadaan mengenaskan. T mengungkapkan bagian kepala mengalami luka serius, lalu jari-jari tangan AT pun hilang. "Seperti itu keterangan dari keluarganya," kata T.

Jasad AT lantas dikebumikan di kampungnya di Kampung Ciitugu, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

BBC Indonesia

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Koalisi organisasi pekerja migran di Hong Kong mengatakan para pekerja rumah tangga "ditelantarkan" di tengah pandemi gelombang kelima.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022