Hasil Autopsi Gajah Mati di Aceh, Bukan Hamil Tapi Menyusui

Kondisi dua ekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang mati diduga akibat tersengat listrik di Desa Seumanah Jaya Aceh Timur, Minggu (15/10/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jabir

VIVA.co.id – Hasil autopsi terhadap gajah betina yang ditemukan mati tersengat listrik di Desa Seumanah Jaya Aceh Timur membuktikan bahwa mamalia darat raksasa ini rupanya sedang menyusui.

Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

Sebelumnya gajah ini sempat diduga sedang mengandung atau hamil saat ditemukan. Sebab puting susunya terus mengeluakan air susu meski telah mati.

"Gajahnya sedang menyusui dari hasil autopsi. Jadi bukan hamil," ujar Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Aceh Sapto Aji Prabowo, Senin, 16 Oktober 2017.

Penyebab Kematian Gajah Berusia 43 Tahun di ANECC Simalungun, Ada Infeksi Gigi

Hingga kini belum diketahui di mana keberadaan dari anak gajah yang sedang menyusui tersebut. Sebab saat ditemukan hanya ada dua ekor saja yang telah meregang nyawa.

Di Desa Seumanah Jaya, pada Minggu, 15 Oktober 2017, sebelumnya dilaporkan ada dua ekor gajah Sumatera yang mati di pinggir kawasan perkebunan warga.

Kedua gajah yang masing-masing berjenis kelamin betina dan jantan itu, tersengat listrik yang sengaja dipasang warga desa untuk mengusir hewan yang kerap merusak perkebunan mereka.

Ilham Zulfikar/Aceh Timur
 

Gajah Sumatera.

Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Pengertian hewan endemik adalah hewan yang asli dan hanya ada di suatu wilayah.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2023