Seratus Militan ISIS di Suriah Menyerah, Ada WNI?

Tentara Kurdi saat menangkap sejumlah orang yang diduga militan ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Ako Rasheed

VIVA.co.id – Lebih dari 100 militan kelompok Islam radikal di Suriah, ISIS, dikabarkan menyerah usai pertempuran besar di Kota Raqqa, Sabtu, 14 Oktober 2017.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

"Diantara yang menyerah seratus itu, tidak ada warga negara Indonesia," ujar Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto di kantornya.

Wiranto mengaku mendapat kepastian tidak ada WNI yang diantara militan ISIS itu dari laporan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Luar Negeri.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Ia juga berharap agar tidak ada WNI lain yang masih terlibat aktivitas teror di Suriah atau luar negeri. Sebab, mereka berpotensi menjadi pelaku teror di tanah air.

Atas itu ia menekankan agar identifikasi terhadap WNI dari luar negeri soal terorisme harus dilakukan lebih siap dan harus memasukkan mereka dalam programa deradikalisasi. "Kita sudah punya konsep yang dilaksanakan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme)," ujarnya.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024