Jokowi Ungkap 900 Kades Ditangkap Selewengkan Dana Desa

Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat/ Garut

VIVA - Dana desa yang dikucurkan ke tiap desa ternyata tidak selamanya berjalan mulus. Dari 7.400 desa, diketahui 900 kepala desa ditangkap karena diduga menyelewengkan dana desa.

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

"Ya, kita tidak menutup mata, ada sekitar 900 kepala desa yang ditangkap karena diduga menyelewengkan dana desa," kata Presiden di Garut pada Selasa, 17 Oktober 2017.

Walau masih cukup tinggi tingkat penyelewengan, berdasarkan survei, dana desa cukup banyak yang sudah tepat sasaran. Namun dengan masih banyaknya penyelewengan dana desa perlu dilakukan perbaikan.

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

"Survei kami menujukkan banyak yang sudah tepat sasaran tetapi memang perlu dilakukan perbaikan, agar penyelewengan oleh oknum kades benar-benar hilang," kata Jokowi.

Dalam penyaluran dana desa seharusnya masyarakat diajak bermusyawarah. Hal itu dimaksudkan agar dana sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Agar penggunaan dana desa bisa efektif, Jokowi mengimbau agar masyarakat turut serta dalam pengawasan penggunaan dana desa.

Gibran Janji Bakal Naikkan Anggaran Dana Desa
Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Mendagri) Tito Karnavian menyebut perangkat dan kepala desa tidak akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) karena bukan ASN

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024