JK Anggap Pertarungan NU di Pilkada Jatim Akan Menarik

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap potensi pertarungan sesama kader Nahdlatul Ulama (NU) dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 akan menarik.

PBNU Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran sebagai Pemenang Pilpres 2024

Analisis JK merujuk pada tiga kader NU yang berkompetisi dalam Pilkada Jawa Timur, yakni Saifullah Yusuf yang berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas dan Khofifah Indar Parawansa.

Para kader NU itu, katanya, akan sama-sama mencoba menarik perhatian kaum nahdliyin yang begitu kuat di Jatim untuk memilih mereka.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

"Kalau bicara Jatim, ini menarik; NU sama NU. Jadi nanti persaingannya betul-betul itu, head to head betul. Itu nanti yang terjadi," ujar JK di Jakarta pada Selasa, 17 Oktober 2017.

JK menyampaikan, pernyataan dukungan Partai Golkar terhadap Khofifah pun belum tentu banyak memengaruhi potensi dukungan warga di sana. Soalnya warga Jatim akan sulit diprediksi menjatuhkan pilihannya ke kandidat tertentu akibat para kandidat adalah kader NU.

Hilal Tak Terlihat, Gus Yahya-PBNU: Besok Belum Masuk Ramadhan

"Jadi serahkan saja ke warga Jawa Timur untuk memilih yang terbaik," ujarnya.

Menurut JK, isu SARA yang ditemukan ramai digunakan di daerah lain guna menjatuhkan salah satu kandidat juga diprediksi tidak akan bisa dipakai di Jatim. Soalnya, kenyataan bahwa para kandidat adalah kader NU lagi-lagi membuat hal itu akan sulit dilakukan.

Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024