Ketua DPR Dukung Pemerintah 'Paksa' Masyarakat Pakai E-Toll

Ketua DPR Setya Novanto saat di gerbang tol Cikarang Utama
Sumber :
  • Syaefullah

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto, menyempatkan meninjau transaksi nontunai (e-Toll) di gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat 20 Oktober 2017.

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Novanto dalam perjalanan untuk menghadiri acara Haul dan Tasyakuran ke-28 Pesantren Khas Kempek di Cirebon.

Setelah menyaksikan langsung proses transaksi e-Toll di Tol Cikarang Utama, Novanto menyatakan mendukung kebijakan pemerintah itu. Sistem itu, katanya, tak hanya memudahkan tetapi juga dapat mengurangi kemacetan akibat antrean.

Aksi Tanpa Pamrih Nikita Mirzani di Jalan Tol Menyita Perhatian

"(penggunaan e-Toll) tidak perlu menunggu uang kembali, sehingga bisa mengurangi waktu transaksi. Efeknya dapat mengurangi kemacetan di pintu tol. Saya harap masyarakat ikut mendukung program ini,” katanya menambahkan.

Novanto sempat berbincang-bincang dengan pengendara untuk mengetahui apa saja yang mereka hadapi dalam penggunaan nontunai. Rata-rata mereka mengaku belum terbiasa dengan sistem e-Toll.

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Memang tampak antrean di Tol Cikarang Utama tetapi bukan karena antrean pembayaran nontunai, melainkan ada proyek pembangunan jalan di sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

Novanto menjelaskan, pemerintah memang sedang gencar membangun infrastruktur, termasuk jalan tol. Salah satu dampak jangka pendeknya memang kemacetan. "Saya harap masyarakat bisa bersabar. Jika pembangunan sudah selesai, masyarakat bisa segera menikmati hasilnya.” (mus) 

Gerbang tol Kalikangkung

Transaksi di Gerbang Tol Jadi Lambat Gegara Ulah 28 Ribu Kendaraan, Jangan Dicontoh!

Jasa Marga mencatat pada periode 18-28 Desember terdapat 28.047 kendaraan kurang saldo di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2023