Warga Termakan Hoaks Bikin E-KTP Langsung Jadi di TMII

Padati lokasi perekaman e-KTP
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA – Arena Nusantara Expo dan Forum 2017 yang digelar Kementerian Dalam Negeri di halaman Teater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jakarta Timur, diserbu oleh ribuan warga yang hendak merekam dan mencetak KTP elektronik atau e-KTP. Warga yang datang ke lokasi Nusantara Expo ini berasal dari DKI Jakarta dan dari berbagai daerah. 

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kedatangan ribuan orang yang rela antre panjang sejak pagi, karena adanya informasi dan pesan berantai di media sosial, bahwa pembuatan e-KTP di TMII itu, bisa langsung jadi hari itu juga. Informasi berantai yang beredar malah menyebutkan pembuatan e-KTP itu ditujukan kepada seluruh warga Indonesia yang belum mempunyai e-KTP.

"Saya datang ke sini karena broadcast di WhatsApp, kalau di TMII bisa buat e-KTP langsung jadi. Bisa untuk seluruh Indonesia. Jadi saya enggak tahu kalau itu hoaks," kata Elis, salah satu warga yang membuat e-KTP di TMII.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

Menanggapi hal itu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, sebenarnya program pembuatan e-KTP di TMII itu, khusus bagi pengunjung yang belum melakukan perekaman atau mencetak e-KTP. Namun karena hoaks yang beredar, arena Nusantara Expo mendadak diserbu oleh warga yang hendak membuat e-KTP.

Karena warga sudah datang, kata Zudan, petugas Kemendagri tetap memberikan pelayanan.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Program kami di sini adalah untuk menyediakan perekaman bagi pengunjung dan penonton stan Nusantara Expo. Tapi karena masyarakat sudah datang, kami tetap melayani untuk mencetak. Nah bagi yang memasukkan hari ini, besok pagi saja (ke sini) supaya tidak ada lagi antrean menunggu pencetakan," kata Zudan di TMII, Sabtu 21 Oktober 2017.

Zudan memohon maaf jika ada pelayanan yang kurang maksimal. Puluhan petugas diterjunkan untuk melayani warga yang hendak mencetak e-KTP. Syarat pencetakan, cukup dengan menyerahkan salinan Kartu Keluarga dan Suket atau resi perekaman e-KTP.

Untuk warga yang menyerahkan berkasnya pada hari ini, bisa langsung pulang dan bisa mengambil e-KTP pada Minggu 22 Oktober 2017. Sedangkan warga yang menyerahkan bahan kemarin sudah bisa mengambil hari ini. Selain mengambil di lokasi stan, untuk warga DKI juga bisa mengambil di kelurahan masing-masing.

"Selaku Dirjen mohon maaf apabila dalam pelayanan ini ada yang kurang karena sesungguhnya kami sangat surprised karena banyak masyarakat datang dengan berita hoaks di media sosial yang menyebutkan membawa Suket langsung dicetak," ujarnya. 

Zudan mengatakan, dengan beredarnya hoaks itu, tim Kemendagri sudah mengklarifikasi. Namun klarifikasi itu kalah cepat dengan kedatangan warga ke TMII. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya