Banyak Data Ganda Masih Ditemukan Saat Pengajuan E-KTP

Penyandang tunanetra asal Tangerang Selatan, Yudi urus E-KTP di TMII
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendatangi stan pengambilan dan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kedatangannya untuk menyaksikan langsung pelayanan pembuatan e-KTP.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Saya sekarang meninjau langsung proses pembagian e-KTP yang datanya sudah clear," kata Tjahjo di TMII, Jakarta, Minggu 22 Oktober 2017.

Tjahjo mengungkapkan, sampai hari ini akan dibagikan sekitar 18 ribu e-KTP. Dengan rincian 13 ribu lebih warga DKI Jakarta, dan warga luar DKI Jakarta sekitar 5.000 lebih. "Ada yang datang dari Cilacap dua bus sekalian tamasya ke TMII urus e-KTP, dan banyak sekitar Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Depok, Tanggerang dan lain lain," katanya.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Stan e-KTP Kemendagri akan melayani semua perekaman, hingga mengupayakan pencetakan e-KTP yang datanya sudah jelas, dan dipastikan tidak ganda. "Atas instruksi Dirjen Dukcapil akan diselesaikan sampai malam, kecuali yang datanya masih ganda. Ya perlu dicek dahulu dan belum bisa diberikan e-KTP," ujarnya.

Selain itu menurut politikus PDIP ini, stan Dukcapil di TMII juga menemukan data-data ganda dari masyarakat yang datang. Semua data ganda tersebut sedang dilakukan pengecekan ulang oleh petugas. "Ini perlu waktu. (Data ganda) mencapai 4.176 data yang maih divalidasi. Kalau ganda tidak bisa diproses sekarang," ujarnya.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Untuk hari ini saja stan Dukcapil TMII menerima 1868 permohonan. Dari total pengajuan hanya 78 permohonan yang tidak bisa ditindaklanjuti karena mempunyai data ganda.

Tjahjo memastikan, setelah kegiatan di TMII usai, Kemendagri akan menyiapkan konsep jemput bola untuk pelayanan e-KTP. "Nanti akan jemput bola di berbagai tempat, dan yang rutin akan di Kantor Dukcapil Pasar Minggu. Sedang disiapkan tenaga dan lain lain agar rapi," katanya. (mus)
 

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023