Hujan Lebat Disertai Petir Guyur Jawa Timur

Seorang juru parkir mengatur kendaraan parkir saat hujan lebat guyur Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal.

VIVA.co.id - Hujan lebat menguyur sejumlah daerah di Jawa Timur pada Senin malam, 23 Oktober 2017. Belum diterima laporan secara resmi adanya banjir atau dampak bencana lain akibat guyuran hujan lebat disertai petir tersebut.

Cerita Seputar Syuting Film Primbon, Tantangan Cuaca dan Suasana Ngeri di Hutan

Kota Surabaya termasuk salah satu daerah yang diguyur hujan lebat. Hujan turun dari langit Surabaya sejak kira-kira pukul 19.30 WIB. Pengamatan VIVA.co.id di tengah kota Surabaya, hujan lebat masih mengguyur hingga berita ini selesai ditulis pada 20.50 WIB. Genangan air tercipta di pinggir jalan.

Hujan kali ini sesuai prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Jatim. Sesuai laporan prakiraan cuaca, hujan lebat akan mengguyur hampir seluruh daerah di Jatim dari sekira pukul 19.50 WIB. Sebaran hujan mulai dari sebagian daerah di Tapal Kuda, Mataraan, Gerbangkertasusilo, dan sebagian Madura.

Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta Siang Hujan Petir, Malam Berawan

"Tapi tidak semua daerah hujan. Yang pasti hujan lebat ialah Surabaya, Sidoarjo, sekitar Mojokerto, Jombang, Lamongan, Bangkalan, dan sebagian wilayah Batu," kata prakirawan BMKG Juanda, Rendy Irawadi, dihubungi VIVA.co.id melalui sambungan telepon.

Dia menjelaskan hujan Senin malam ini termasuk kategori lebat disertai petir. "Kalau angin kencangnya enggak, masih standar kecepatannya," kata Rendy.

Prakiraan Cuaca 18 November 2022: Waspada, 4 Kota Ini Bakal Diguyur Hujan Petir dan Lebat

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang kerap ditimpa bencana kala musim hujan tiba. Ada beberapa daerah yang menjadi langganan banjir, seperti Sampang, Madura, dan Kabupaten/Kota Pasuruan. Selain banjir, bencana lain yang kerap melanda akibat hujan ialah longsor. (ren)

Ilustrasi warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta.

Hujan Lebat Diprediksi Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Termasuk Jakarta

Hujan lebat diperkirakan bakal mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia seiring dengan adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina.

img_title
VIVA.co.id
27 Agustus 2023