Kapolri Sebut Pulau Jawa dalam Ancaman Perang Kota

Ilustrasi operasi penangkapan tim Densus 88.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Padatnya populasi penduduk di Pulau Jawa menjadi ancaman bagi berkembangnya kegiatan terorisme. Pasalnya, pelaku teror kerap menyasar permukiman padat penduduk.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

"Di Jawa ada 140 juta penduduk, saat ini merupakan hutan belantara manusia dan ini adalah sangat ideal untuk urban warfare, perang kota," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam orasi ilmiah di STIK-PTIK, Kamis, 26 Oktober 2017.

Tito mengakui, Kepolisian cukup dibuat kerepotan untuk mendeteksi aksi terorisme. Dengan gaya para pelaku teror yang kerap memilih wilayah padat atau perkotaan untuk berbaur, membuat mereka sangat sulit dideteksi.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Karena itu, terkadang petugas mengalami kendala dalam melakukan penindakan terhadap pelaku teror. Karena perlu kehati-hatian dalam mendeteksi dan membedakan mereka yang sudah berbaur dengan masyarakat.

"Kami tidak bisa membedakan mana yang teroris, mana yang bukan," ujarnya menambahkan.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

Di Indonesia secara keseluruhan saat ini total ada hampir seribu orang dalam proses deradikalisasi terorisme. Sebanyak 266 orang di dalam lapas, dan sebanyak 733 orang di luar lapas.

Untuk kategori penindakan, sebanyak 174 kasus terorisme telah divonis, sementara 48 di antaranya meninggal dunia saat diamankan. (mus)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023