Cerita JK Hampir Gagal Terbang Karena Masalah Administrasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bercerita bahwa dirinya pernah hampir gagal terbang karena semata-mata persoalan administrasi. JK menyampaikan, peristiwa terjadi ketika ia hendak lepas landas dari sebuah bandara di Los Angeles, Amerika Serikat, ke Peru, pada suatu waktu.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

"Waktu di LA, ditahan pesawat saya sejam. Dengan alasan ada penumpang, staf, yang tidak clear (urusan administrasinya)," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Oktober 2017.

JK menyampaikan, hal itu merupakan bukti, jika urusan administrasi, bisa cukup merepotkan dalam hal penerbangan internasional. JK menganggap hal serupa bisa saja menjadi sebab Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo tiba-tiba tidak diperkenankan memasuki wilayah AS saat hendak terbang ke sana dari Bandara Soekarno-Hatta pekan lalu. JK berpandangan bahwa secanggih apa pun sistem komputer yang dipakai institusi imigrasi AS, kesalahan yang bisa membuat seseorang terhambat saat hendak terbang, bisa tetap terjadi.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

"Jadi apa boleh buat? Sudah di pesawat pun, sudah sejam, tidak bisa berangkat. Jadi komputer itu, jika ada kesalahan sewaktu memasukan data, ya keluarnya juga akan salah. Jadi seperti itu," ujar JK.

Jenderal Gatot batal terbang setelah pihak maskapai Emirates Airlines yang akan ditumpanginya, memberi tahu bahwa institusi imigrasi AS, memasukannya ke dalam daftar orang yang dilarang memasuki AS. Kedutaan Besar AS untuk RI, melalui situs webnya, menyampaikan bahwa permasalahan yang menimpa Gatot, adalah persoalan terkait administrasi.

Gatot: Naluri Politik Surya Paloh Tajam, Orientasinya yang Penting Anies Maju dan Aman
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyoroti kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum TNI terhadap relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali.

img_title
VIVA.co.id
7 Januari 2024