Pos Brimob di Freeport Ditembaki secara Brutal

Personel Brimob berjaga di lokasi penembakan di Freeport, Papua.
Sumber :

VIVA – Pos Satuan Tugas Brimob Polri di kawasan tambang PT Freeport Tembagapura, Timika, Papua, diserang kelompok bersenjata. Pos yang berada di area MP67 dan MP66 ditembaki kelompok tak dikenal, Minggu, 29 Oktober 2017. 

PTT: 8 Karyawan yang Tewas Ditembak KST Sedang Buat Tol Langit Papua

"Penembakan terhadap pos Satgas Brimob yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal.

Menurut Kamal, kelompok bersenjata menyerang pos dengan cara menembaki pos dalam jarak jauh. Pelaku melepaskan tembakan dari hutan di bukit-bukit yang ada dekat pos.

Brimob Korban Penembakan KKB Kiwirok Papua Akan Dirujuk ke Jakarta

Anggota Brimob yang bertugas di pos itu sempat membalas tembakan pelaku. Tapi, kelompok tersebut lagi-lagi melepaskan tembakan secara brutal ke arah pos. "Kelompok bersenjata kembali membalas tembakan sebanyak 5 kali," ujar Kamal.

Bahkan, kelompok itu juga menembaki personel Brimob yang datang ke pos untuk memberikan bantuan. "Namun saat saling membalas tembakan, kelompok bersenjata melarikan diri masuk hutan," kata Kamal.

Korban Penembakan KKB Papua Dievakuasi ke RSUD Timika

Kamal menuturkan, saat ini personel Brimob dan TNI berusaha melakukan pengejaran terhadap pelaku yang diduga berjumlah lebih dari lima orang. Mereka terdeteksi telah melarikan diri ke dalam hutan di sekitar area Hidden Valley MP66.

"Empat personel Satgas TNI BC64 beserta tim patroli zona melakukan penjagaan di pertigaan Hidden Valley MP66," ujarnya.

Tak ada korban jiwa dalam penyerangan itu. Untuk mengantisipasi penyerangan lanjutan, Polda Papua telah menerjunkan personel bersenjata untuk membantu Satgas Brimob memburu pelaku.

Selain itu, petugas juga mengevakuasi karyawan dan warga yang berada di sekitar lokasi penyerangan kelompok bersenjata.

"Sementara masih dilakukan penambahan dari Mapolres dan Satgas Brimob lainnya untuk membantu pengejaran.  Para karyawan dan warga yang berada di sekitar penembakan dievakuasi menuju Sporthhall MP68 agar terhindar dari  aksi penembakan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya