Wilayah Sekitar Gunung Sinabung Diguncang Gempa

Gunung Sinabung di Sumatera Utara mengalami erupsi pada 2 Agustus 2017. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO/Maz Yons

VIVA – Wilayah Kabanjahe dan Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan diguncang gempa berkekuatan 4,3 pada skala richter pada pukul 07.31 WIB, Selasa 31 Oktober 2017. Kawasan itu tidak jauh dari Gunung Sinabung.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa itu berpusat di koordinat 3.13 lintang utara dan 98.46 bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah timur laut Kabupaten Karo, pada kedalaman 10 kilometer. 

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi dengan intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III MMI)," kata Edison Kurniawan, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan.

Gelombang Tinggi, Kapal Wisata Dilarang Berlayar ke Pulau Komodo

Kedalaman hiposenter gempa bumi itu, kata Edison, merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi. Berdasarkan hasil observasi tim BMKG, gempa bumi itu berada pada zona sesar lokal di sekitar Kabupaten Karo. Karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan gempa tektonik.

Masyarakat di sekitar wilayah Kabanjahe, Berastagi, dan sekitar di Kabupaten Karo, diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertangjung jawab.

BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Merak hingga Pesisir Anyer

"Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG,” kata Edison. (ren)

Ilustrasi badai/topan.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika/BMKG sebelumnya mendeteksi munculnya tiga bibit siklon tropis di wilayah Indonesia yang berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024