Kawasan Gunung Sinabung Diguncang Sembilan Gempa Tektonik

Gunung Sinabung di Sumatera Utara mengalami erupsi pada 2 Agustus 2017. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO/Maz Yons

VIVA – Dalam kurun waktu satu bulan ini, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat telah terjadi sembilan gempa bumi tektonik, yang dirasakan tak jauh dari kawasan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

Guncangan gempa tektonik sangat dirasakan oleh masyarakat di Kabanjahe dan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. "Dalam kurun sebulan ada sembilan kali gempa. Terbesar 4,3 SR," ucap Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Syahnan kepada wartawan di Medan, Rabu sore, 1 November 2017.

Syahnan mengatakan, untuk hari ini, gempa terjadi dengan kekuatan 3,5 SR, terdeteksi terjadi pada pukul 10.39 WIB. Pusatnya lima kilometer arah Tenggara Karo. "Kedalaman gempa 10 km. Gempa dirasakan di Kabanjahe dengan skala intensitas I-II SIG atau II-III MMI," katanya.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

Sehari sebelumnya, gempa tektonik lebih kuat terjadi di kawasan Karo. BMKG mencatat kekuatannya mencapai 4,3 SR, Selasa pagi, 31 Oktober 2017. Syahnan menjelaskan, getaran gempa kemarin juga dapat dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi. "Pusat gempa berada pada koordinat 3.13 LU dan 98.46 BT, tepatnya pada jarak 21 km arah Timur Laut Karo, pada kedalaman 10 km," ujarnya menambahkan.

Gempa ini dinyatakan berbeda dan tidak terkait dengan gempa yang dipicu aktivitas vulkanik Gunung Api Sinabung. "Karena gempa vulkanik di permukaan, sementara gempa tektonik di kedalaman. Jadi memang terpisah. Pengamatannya juga terpisah. Aktivitas gempa tektonik ini tidak ada kaitan dengan gempa vulkanik," katanya menjelaskan.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

Syahnan mengimbau agar masyarakat Kabanjahe, Berastagi dan sekitarnya di Kabupaten Karo, tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. "Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah Daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya." (mus)

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021