10 Paus Sperma Terdampar di Perairan Aceh

Paus jenis sperma yang terdampar di perairan Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Sebanyak 10 ekor ikan paus jenis sperma terdampar di Pantai Ujong Kareung, Gampong Ujong Batee, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin, 13 November 2017.

Puluhan Ikan Jumbo yang Terdampar di Madura adalah Jenis Paus Tombak

Kesepuluh paus tersebut masih hidup, namun dua di antaranya mengalami kritis. Proses penarikan dilakukan dengan kapal maupun manual menggunakan jaring dan tali. Satu per satu ikan paus tersebut berhasil dilepaskan.

Kepala Bidang Kelautan dan Perairan Dinas Kelautan Aceh, Nur Mahdi memperkirakan paus itu sedang bermigrasi dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik dan sebaliknya. Namun, saat sedang melintasi Selat Malaka secara bersama-sama, mereka diduga tersangkut atau terbawa arus ke perairan Aceh.

Australia Terpaksa Suntik Mati Sebagian Kawanan Paus Terdampar

"Kalau ada satu yang terluka lalu terdampar atau berbelok arah, maka yang lain bakal mengikuti sehingga terdampar secara bersama," ujarnya.

Sebelumnya, paus itu ditemukan oleh nelayan setempat sekitar pukul 10.00 WIB. "Sekitar jam 10-an, saya kira apa, rupanya ikan paus, baru saya kasih tahu warga lainnya dan pak Kepala Desa, " ujar Anwar nelayan setempat.

Heboh Ratusan Paus 'Berkerumun' di Bibir Pantai
Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Penampakan Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Bangkai Paus Sperma (Physeter macrocephalus) yang terdampar di Pantai Yeh Malet, Karangasem, Bali, pada Rabu, 5 April 2023. Ini Penampakannya

img_title
VIVA.co.id
6 April 2023