Kelompok Penyandera Papua Serang Aparat dan Warga dari Bukit

Warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, dilaporkan berhasil dibebaskan pada Jumat pagi, 17 November 2017.
Sumber :
  • Dokumentasi Kepolisian

VIVA – Ratusan warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, berhasil dibebaskan pada Jumat pagi, 17 November 2017. Semua sandera dilaporkan selamat dan kini dievakuasi ke tempat aman.

Hamas Peringatkan Israel Soal Operasi di Rafah: Tidak Ada Pembebasan Sandera

Menurut penuturan seorang sumber di Kepolisian, operasi pembebasan dengan 300 personel TNI dan Polri yang dimulai pukul empat subuh itu dibuka dengan baku tembak dengan kelompok penyandera. Aparat berhasil mengendalikan situasi, setelah lebih dulu menguasai lokasi penyanderaan dan mengamankan warga.

Upaya pembebasan tak berlangsung lama. Lima jam setelah kontak senjata itu, aparat memastikan semua warga yang disandera di desa mereka, yakni Desa Utikini dan Desa Kimbely, berhasil dievakuasi ke satu tempat aman.

Hamas Bebaskan Sandera Israel Paling Muda, Berusia 4 Tahun

Setelah itu pasukan pembebasan mengawal warga dengan berjalan menyusuri bukit-bukit menuju titik evakuasi dengan bus. Namun, di tengah perjalanan, selagi warga mulai merasa aman, tiba-tiba diserang kelompok bersenjata dari atas bukit.

"Sepanjang perjalanan menuju bus yang digunakan untuk mengangkut para korban, kami dihujani tembakan. Beruntung tidak ada korban," kata seorang sumber polisi yang menolak disebutkan identitasnya.

Gencatan Senjata Dinilai Jadi Strategi Hamas Lumpuhkan Israel

Pasukan kemudian dibagi: sebagian menghalau kelompok penyerang dan yang lain terus berjalan mengawal warga hingga masuk bus. Baru setelah itu situasi dianggap mulai kondusi, sementara satu kelompok pasukan TNI dan Polri terus memburu kelompok bersenjata itu yang lari ke hutan.

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Soegito

Kisah Heroik Letjen TNI (Purn) Soegito, Rela Ditembak Demi Melucuti Senjata Musuh

Soegito, sosok prajurit sejati yang mendedikasikan hidupnya untuk negeri, beliau menapaki karir militer gemilang, diwarnai berbagai kisah heroik dan Inspiratif.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024