JK Minta Rumah Sakit yang Tangani Novanto Diperiksa

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta rumah-rumah sakit yang pernah digunakan tersangka kasus korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto, dalam jangka waktu selama proses penyidikan kasus itu oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, diperiksa.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Seperti diketahui, Novanto telah dua kali menggunakan alasan medis sehingga dia tidak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Alasan medis pertama adalah dideritanya sejumlah penyakit yang menyebabkan Novanto perlu dirawat di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur, beberapa waktu yang lalu. Kedua, luka yang diderita Novanto akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Kamis kemarin, 16 November 2017. Novanto sempat dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, akibat kejadian itu.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

JK menyampaikan, kebenaran atas diagnosis medis yang dikeluarkan kedua rumah sakit perlu dipastikan supaya alasan medis, tidak sekadar dijadikan alat oleh Novanto untuk menghindari pemeriksaan.

"Menurut saya perlu juga diperiksa rumah sakit-rumah sakit yang itu, untuk kebenaran daripada informasi itu. Jangan rumah sakit dipakai (untuk kepentingan tertentu), karena nanti etikanya, etika rumah sakitnya nanti hilang," ujar JK usai meresmikan Masjid At-Taqwa di Markas Komando Korps Marinir di Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun di Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat, 17 November 2017.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Menurut JK, pemeriksaan bisa dilakukan oleh KPK maupun pihak lain yang memiliki wewenang. JK menyampaikan bahwa penggunaan alasan medis untuk menghindari suatu proses hukum, adalah hal yang bisa terjadi.

"Banyak (orang yang berurusan dengan hukum) yang bersembunyi di balik surat keterangan dokter," ujar JK. (ase)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024