Panglima TNI: Kopassus Aksi Senyap Bebaskan Sandera di Papua

Ilustrasi anggota Kopassus
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkap sekilas keterlibatan prajuritnya dalam operasi pembebasan ratusan warga yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, pada Jumat, 17 November 2017.

Termasuk Kopassus, Ini 5 Pasukan Elite TNI yang Bikin Kena Mental Tentara Asing

Operasi gabungan TNI dan Polri itu melibatkan 300 personel. Di pihak TNI dikerahkan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Batalion Infanteri Raider 751, dan Peleton Intai Tempur Kostrad.

Semua unit, termasuk pasukan polisi, kata Panglima, memiliki fungsi dan peran masing-masing. Misalnya, polisi menyiagakan dan mengamankan warga yang disandera. Sementara TNI melumpuhkan para penyandera.

Kisah Eks Danjen Kopassus saat Operasi Seroja, Komandan Kritis dan Gugur di Pelukannya

"TNI bergerak dengan senyap; (berjalan) empat setengah kilometer kita tempuh. Ada yang tiga hari, empat hari. Kita serang di dua tempat, yakni markas mereka oleh Kopasus, Batalion 751 Raider, dan Taipur Kostrad," kata Panglima usai menyampaikan orasi ilmiahnya di kampus Unisba Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu, 18 November 2017.

Dia mengapresiasi keberhasilan pembebasan sandera itu, berikut kerja sama TNI dan Polri. Operasi itu, katanya, sekaligus sebagai bukti bahwa TNI dan Polri bertindak tegas dan cepat jika ada yang ingin mengancam kedaulatan Republik Indonesia, termasuk mengancam keselamatan warga.

Pakai Baret Merah saat Serahkan Jabatan Dandim, Ternyata Letkol Galih Ditarik Lagi ke Kopassus TNI

"Tidak ada sejengkal wilayah tanah pun di Indonesia yang tak merasa aman; ada polisi, kok, ada TNI. Pasti pemerintah hadir di situ," katanya. (ren)

Kapolri dan Panglima TNI disematkan baret merah Kopassus

Top Trending: Pasukan Elit TNI Kopassus Hingga Pengendara Mobil Mitsubishi Xpander

Ada sejumlah berita populer di kanal trending dari mulai pasukan elit TNI Kopassus, roket karya anak bangsa Indonesia hingga pengendara mobil Mitsubishi Xpander.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024