Bobby Nasution-Kahiyang Ayu Akan Disambut Haroan Boru

Pernikahan Kahiyang Ayu & Bobby Nasution
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu telah tiba di Medan. Mereka akan langsung melakukan sejumlah prosesi adat mandailing atau disebut Haroan Boru, penyambutan kedua mempelai pengganti di kediaman Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, Minggu 19 November 2017.

Doa Gubernur Anies untuk Cucu Kedua Jokowi

Paman Bobby, Erwan Rozali Nasution mengatakan, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu, akan masuk rumah dengan diawali dengan menginjak batang pisang.

Erwan menjelaskan injak batang pisang, sebagai makna batang pisang dan tumbuhan lainnya yang ada di sana, merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Karena batang pisang dan tumbuhan lainnya itu disebut dengan istilah 'dingin dingin'.

5 Potret Kehamilan Kahiyang Ayu yang Jadi Sorotan

"Sesudah Bobby dan Kahiyang didudukkan di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis, maka acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan baik, yang disampaikan keluarga dari Solo maupun keluarga dari Medan," kata Erwan kepada wartawan di Medan, Sabtu, 18 November 2017.

Erwan mengatakan acara Haroan Boru sebagai wujud syukur dan gembira atas pernikahan Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo. Begitu juga, keluarga menyampaikan rasa bahagia melalui proses adat tersebut.

Gawe Jokowi Aman, Kapolda Sumut Dapat Apresiasi

"lnti kata sambutan keluarga yang ada di Medan, ialah menyatakan kegembiraan, serta mengucap syukur pemikahan di Solo telah berjalan dengan baik. Rasa gembira juga menyelimuti keluarga karena pada hari tersebut Kahiyang Ayu sudah datang di rumah mertuanya, dan putri Bapak Jokowi tersebut sudah resmi jugalah menjadi bahagian keluarga besar Nasution," kata Erwan menjelaskan.

Erwan mengungkapkan sesudah beberapa kata sambutan, maka kepada Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beberapa jenis makanan adat. Seperti “ltak yang pakai santan“ dan makanan lainnya.

"Kemudian acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu, yang disampaikan oleh pimpinan sidang, yang disebut Raja Panusunan," tutur Erwan.

Untuk diketahui, putri anak orang nomor satu di negeri akan diberikan marga Siregar. Pelaksanaan acara penambalan adat, dengan menggelar upacara adat mandailing, berlangsung di kediaman keluarga Bobby di Jalan STM, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 21 November 2017.

Sementara itu, resepsi Ngunduh mantu sendiri akan berlangsung di kediaman Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, selama dua hari dari tanggal 24 dan 25 November 2017.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya