Kapolri Klaim Operasi Pembebasan Sandera di Papua Sukses

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi jajarannya yang mampu membebaskan warga dari sandera kelompok bersenjata di Tembagapura, Papua. Ia menyebut operasi gabungan yang dilakukan TNI/Polri sebagai keberhasilan lantaran tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam upaya pembebasan.

Polisi Antisipasi Gangguan Keamanan di Papua saat Peringatan HUT OPM

"Itu adalah operasi yang sukses," kata Tito di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu, 19 November 2017.

Menurutnya, peristiwa penyanderaan yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) merupakan masalah lama.  Salah satu penyebabnya banyak warga pendatang dari luar Papua yang menjadi penambang emas liar di kawasan Freeport. 

TNI Sebut KNPB Mendoktrin Masyarakat di Maybrat Tolak Pembangunan

Selain konflik, berdasarkan pengalamannya menjadi Kapolda di Bumi Cendrawasih dahulu, masih ada berbagai permasalah seperti penyakit dan narkoba yang perlu ditangani secara cepat.

"Maka ini momentum. Dengan adanya peristiwa ini mereka dibebaskan, dievakuasi. Sebaiknya jangan kembali lagi. Kalau kembali lagi, selain akan bisa disandera lagi, juga (bisa) menimbulkan masalah sosial," kata dia.

Warga Simpatisan OPM Serahkan Senjata Api M-16 kepada TNI
Viral bendera bintang kejora berkibar di Papua

Polisi Tangkap Tujuh Orang Pengibar Bendera Bintang Kejora di Papua

Polisi menangkap tujuh orang yang disangka mengibarkan bendera Bintang Kejora yang diasosiasikan sebagai bendera OPM di halaman GOR Cenderawasih, Jayapura.

img_title
VIVA.co.id
1 Desember 2021