Sander Metz, Pria Belanda yang Gigih Cari Orangtuanya

Sander Metz, pria asal belanda yang mencari orang tua bilogisnya di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter @santoso40

VIVA – Dua tahun sudah pencarian Sander Metz mencari tahu siapa ayah dan ibu kandungnya. Namun, pencariannya belum membuahkan hasil memuaskan. Lelaki berkewarganegaraan Belanda yang mengaku memiliki nama lahir Budi Santoso ini kini masih gigih mencari keluarganya di Indonesia.

Warga Negara Australia Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Bali

Tahun 2015 lalu, nama Sander Metz sempat menjadi perbincangan usai pria ini mengunggah fotonya di jejaring sosial yang sedang mencari keluarga biologisnya di Indonesia.

Ia sempat ke Indonesia dan menuju Ambarawa Jawa Tengah, tempat dimana keluarganya diyakini berada. Kepolisian dan pemerintah setempat telah berupaya membantu Sander Metz.

Kejaksaan Mempertimbangkan Cekal WNA terkait Korupsi Satelit Kemhan

sander metz

FOTO: Sander Metz mengunggah foto pertamanya untuk mencari keluarga bilogisnya di Indonesia

Intelijen Sebut Ada 21 Orang Asing Misionaris di Kapuas Hulu

Dari penelusuran didapat jika Sander memang terlahir di Indonesia. Ia diadopsi oleh warga Belanda bernama Antonius Tshodorus Metz dan Johanna Petronella Beijaard pada 7 Juli 1981 dari Yayasan Kasih Bunda Jakarta.

Terdapat nama seorang perempuan yakni Sumarah, yang diyakini sebagai ibu kandung dari Sander Metz. Merujuk dari kesaksian Suwarni, yang pernah merawat Sander selama lima bulan.

sander metz

FOTO: Sander Metz di usia lima bulan bersama seorang perempuan yang menjadi pengasuhnya

Uji DNA pun sudah dilakukan, namun demikian, hasil tes itu masih diragukan oleh Sander yang sudah kembali lagi ke Belanda.

Dan kini, di linimassa Twitter, Sander atau Budi Santoso kembali mengunggah upaya pencariannya. Namun kali ini ia mengunggah rekaan foto yang diduga sebagai orangtua biologisnya.

"Halo Indonesia dan Belanda! Jika anda salah satu orang yang saya cari atau anda mengenal salah satu dari mereka, tolong beritahu saya," tulis Sander sembari menyertakan foto seorang pria dan wanita di akun Twitternya.

Sanders menduga, kedua orangtuanya itu diperkirakan masih berusia 60 tahun, dan diperkirakan tinggal di Jakarta, Semarang, Salatiga, Bandung, Solo atau yang lain.

Bagaimana ada yang bisa membantu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya