Dari Satelit Terlihat Rekahan di Gunung Agung Membesar

Gunung Agung Meletus
Sumber :
  • ANTARA Foto//Nyoman Budhiana

VIVA – Meski status aktivitas vulkaniknya telah diturunkan dari awas ke level III atau siaga, ternyata energi termal di perut Gunung Agung terus mengalami peningkatan. 

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Menurut Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana, peningkatan energi teramati melalui pengamat satelit.

"Satelit Aster TIR juga menangkap peningkatan energi termal pada tanggal 15 November 2017," kata Devy, Rabu, 22 November 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Selain itu, menurut Devy, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga mendapatkan data tentang kondisi rekahan di Gunung Agung yang semakin membesar.

"Kalau rekahan memang teramati membesar dari satelit pada sekitar 15 November 2017," ujarnya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Tapi, Devy tak bisa berandai-andai tentang apa yang bakal terjadi di gunung yang berada wilayah Kabupaten Karangasem, Bali, itu.

Sejauh ini, kondisi Gunung Agung masih dalam kategori berbahaya. Apalagi kemarin, Selasa, 21 November 2017, terjadi letusan freatik di pusat letusan. (one)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024