Banjir Bandang Landa Garut, Jalur Kereta Bergeser

Ilustrasi banjir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Hujan yang turun sejak Rabu siang, 22 November 2017, mengakibatkan banjir bandang yang merendam lebih dari 10 rumah di Kampung Cijanur, Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut Jawa Barat.

Kali Cimanuk Meluap, Banjir di Garut Mulai Surut

Imat, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Garut melaporkan, ketinggian air mencapai 1,5 meter. Air meluap dari Sungau Citatapa. Warga yang terkena banjir sudah berhasil dievakuasi ke Gedung Puskesmas Malangbong.  "Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa," ujarnya.  

Camat Malangbong Teten Sundara menyebutkan, air bah juga merendam Stasiun Kereta Api (KA) Cipeundeuy, Malangbong. Selain itu, terjadi longsor di sekitar Desa Cikarag Malangbong yang mengakibatkan jalur kereta api mengalami pergeseran.

Banjir Garut Berangsur Surut, Tim SAR Tetap Siaga

"Akibat kejadian tersebut  jalur kereta api dari Tasikmalaya menuju Bandung dan sebaliknya sampai saat ini tidak bisa dilewati kereta api," ujar Teten.

Saat ini, sedang dilakukan pengecekan serta pembersihan dan perbaikan rel kereta api yang mengalami pergeseran oleh unsur Muspika Kecamatan Malangbong bersama pihak PT. Kereta Api Indonesia (KAI) stasiun Malangbong. "Kami juga masih melakukan pengecekan titik-titik banjir dan longsor," ujar Teten.

Pesantren Persis Garut Terendam Banjir, 250 Santri Mengungsi

Lima Kecamatan di Garut Diterjang Banjir

Air sudah mulai surut dan warga berangsur kembali ke rumah.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2020