Jalur Kereta Garut Tertimbun Longsor

Penumpang KA Garut
Sumber :
  • Diki Hidayat/Garut

VIVA – Longsor yang terjadi pada Rabu 22 November 2017 sekitar pukul 18.00 WIB, berdampak pada jalur kereta api di Garut, Jawa Barat. Sedikitnya empat perjalanan kereta api terhenti. Ratusan penumpang di Stasiun Kereta Api (KA) Cipeundeuy, Kecamatan Malangbong Garut terlantar.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman mengatakan, sebanyak delapan kereta api dialihkan jalurnya menuju jalur utara. Sementara terdapat tiga pemberangkatan yang tertahan.

"Jadi ada tiga pemberangkatan yang tertahan, yaitu di Stasiun Cipendeuy, Bumi Waluya dan Stasiun Cibatu, " ujarnya, Kamis 23 November 2017. 

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Mayoritas dari ratusan penumpang KA yang tertahan di tiga Stasiun di wilayah Garut lebih memilih menggunakan kendaraan lain untuk melanjutkan perjalanan. Penumpang lainnya banyak yang dijemput pihak keluarga untuk tiba di rumah.

" Kalau saya dan yang lainnya dijemput oleh keluarga untuk melanjutkan perjalanan, " ungkap seorang penumpang KA, di Stasiun Cipeundeuy, Amelia (27) warga Bandung.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

Proses evakuasi berlangsung lama, selain medan yang tertimpa longsor cukup sulit ditambah suasana malam yang gelap juga jumlah titik longsor cukup banyak mencapai 8 titik.

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024