Tertimbun Longsor, Jalur Kereta di Garut Belum Bisa Dilewati

Rel kereta di Stasiun Cipeundeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis, 23 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Empat di antara delapan titik longsor yang mengganggu jalur kereta di Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum selesai dibersihkan hingga Kamis siang, 23 November 2017. Titik-titik longsor itu terletak di Cipeundeuy, Kecamatan Malangbong.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Material longsor masih menimbun rel kereta, sehingga jalur kereta dari Bandung menuju dan sebaliknya belum dapat dilintasi. Semua perjalanan kereta yang melintasi jalur itu dialihkan melalui jalur utara.

Proses evakuasi material longsor di jalur Cipeundeuy menggunakan alat berat dan manual. Tidak hanya tanah yang menimbun rel kereta api, akibat banjir juga hampir menggerus fondasi jembatan rel. Petugas membuat beronjong agar fondasi seperti kondisi sebelumnya.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

"Mudah-mudahan petang ini jalur sudah selesai," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Oprasi II Bandung, Joni Martinus, pada Kamis siang.

Menurut Martinus, di jalur selatan Jawa Barat terdapat 49 titik rawan bencana. PT KAI sudah menyiagakan petugas yang dilengkapi dengan alat material untuk siaga.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

"Saat kejadian bencana longsor semalam, petugas kami langsung melakukan komunikasi dan melakukan tindakan evakuasi," ujarnya. (art)

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024