Beredar Spanduk Dukungan Budi Waseso Maju Pilgub Jateng

Spanduk dukungan untuk Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis, 24 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Sebuah spanduk dukungan bergambar Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, terpampang di Kota Semarang, Jawa Tengah. Isi spanduk itu mengisyaratkan dukungan agar dia turut dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Spanduk dengan warna dasar merah itu terlihat terpampang di Jalan Gajah Mada. Lokasinya berada di pagar dekat lampu lalu lintas jalan. Pada sisi kanan atas tertulis spanduk itu dipasang oleh Relawan Jateng Gemilang.

Foto Budi Waseso di sebelah kiri spanduk terpampang jelas dengan mengenakan jas lengkap dengan peci, dengan keterangan calon gubernur Jateng 2018. Terbaca tulisan wana putih berbunyi "Rakyat Jateng Memanggil Putra Daerahnya. Buwas Datang Masa Depan Cemerlang".

Survei PPI: Popularitas Gibran Unggul di Pilgub Jateng, Faktor Anak Jokowi Cuma 8,1 Persen

Lalu di sisi bawah tertulis pujian berbunyi "Cerdas, Tegas, Berintegritas". Terdapat keterangan menggelitik yakni tulisan “Buwas Datang, Jateng Cemerlang” disertai logo Jateng bebas penyalahgunaan narkoba di sisi bawahnya.

Belum jelas siapa yang sebenarnya memasang spanduk dukungan untuk mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu. Namun isinya jelas sebuah panggilan agar Waseso turun gunung dan mengabdikan diri ikut dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

PPI: Dari Segi Popularitas Bakal Cagub Jateng, Gibran Tertinggi

Yadi, seorang warga sekitar yang tinggal di Jalan Gajah Mada, mengaku baru mengetahui spanduk itu meski mengenali foto wajah Waseso. Dia juga tak mengetahui siapa yang memasang spanduk, padahal kemarin belum ada.

Nama Budi Waseso sebelumnya memang sempat mencuat disebut untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2018. Dua elite partai politik, yaitu Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham dan Ketua DPP PAN Yandri Susanto, sempat mengemukakan bahwa Budi Waseso adalah sosok alternatif untuk bertarung di Jawa Tengah.

Meski demikian, tindak lanjut upaya pencalonan jenderal polisi itu masih misteri. Dinamika politik Jawa Tengah cenderung tenang dalam menyongsong pilkada itu. Beberapa nama sudah muncul, di antara petahana Ganjar Pranowo dan Sudirman Said serta Marwan Jafar, masing-masing mantan Mentero ESDM dan mantan Menteri Desa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya