Miris, Masih Ada Guru Bergaji Minim, Cuma Rp300 Ribu Sebulan

Peringatan Hari Guru Nasional
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyampaikan rasa prihatin akibat kenyataan masih adanya guru yang bergaji minim saat Hari Guru ke-72, yang diperingati pada Sabtu, 25 November 2017.

Prabowo akan Bangun RS Modern di Tiap Kabupaten/Kota dan Perbaiki Gaji Guru Honorer

Presiden KSPI, Said Iqbal menyampaikan, bahwa kesejahteraan bagi para guru secara merata masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintah untuk profesi yang kerap dijuluki 'pahlawan tanpa tanda jasa' itu.

"Karena miris mengetahui masih ada guru yang hanya mendapatkan upah antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per bulan," ujar Said dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Janji Prabowo-Gibran kepada Guru di Indonesia: Dapat Tambahan Gaji Rp2Juta Per Bulan

Said menyampaikan, langkah yang bisa ditempuh pemerintah adalah mempercepat proses pengangkatan para guru yang maih berstatus honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sementara itu, pimpinan Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Didi Suprijadi, menyampaikan bahwa hingga saat ini, guru yang telah bersertifikasi sehingga memiliki kesejahteraan yang lebih terjamin, baru berjumlah 1,7 juta orang dari total guru sebanyak empat juta orang.

Pemerintah Apresiasi Dedikasi Para Guru Adaptasi di Masa Pandemi

Didi menegaskan, selaku organisasi profesi, PGRI senantiasa berupaya mendorong peningkatan kualifikasi para guru sehingga layak tersertifikasi dan memperoleh peningkatan kesejahteraan pula. "Bila guru sejahtera, kuat, dan hebat, maka Indonesia akan selamat dunia akhirat," ujar Didi.

Miris! Gaji Guru Honorer Rp 150 Sebulan, Warganet: Gimana Bisa Hidup

Miris! Gaji Guru Honorer Rp 150 Sebulan, Warganet: Gimana Bisa Hidup

Momen guru honorer, Dina Fatma memperlihatkan penghasilan yang diperolehnya selama sebulan mengajar di salah satu sekolah viral di media sosial sejak Sabtu 30 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024