Survei: Jokowi dan Prabowo Masih Jadi Favorit Capres 2019

Survei Nasional Poltracking
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA – Pemilihan Umum Presiden 2019, memang masih tersisa 1,5 tahun lagi. Namun, sejumlah figur calon Presiden terus bermunculan. Lembaga Survei Poltracking melakukan survei terhadap beberapa nama yang muncul dan berpotensi dijadikan Capres.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Nama-nama tersebut di antaranya yakni Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Gerindra Prabowo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Mantan Cagub DKI 2017 Agus Harimurti Yudhoyono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan, lima nama yang muncul tersebut merupakan lima nama tertinggi yang disuarakan oleh masyarakat. Sejauh ini, nama Jokowi dan Prabowo masih jadi dua nama teratas bursa Calon Presiden 2019.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

"Dalam simulasi 5 kandidat Presiden, Jokowi memiliki elektabilitas 51,8 persen, Prabowo 27,0 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,6 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen dan Anies Baswedan 2,8 persen," kata Hanta dalam Pemaparan Hasil Survei Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan M.H Thamrin Jakarta Pusat. Minggu 26 November 2017.

Hanta mengatakan, sejauh ini elektabilitas Jokowi, masih yang tertinggi. Bahkan ketika dua nama tertinggi dikerucutkan, nama Jokowi tetap masih yang tertinggi.

Usai Putusan MK, Jokowi Beri Pidato di Kediaman Ma'ruf Amin

"Apabila head to head antara Jokowi dan Prabowo, elektabilitas Jokowi juga masih tetap yang tertinggi dengan 53,2 persen dan Prabowo di posisi kedua dengan 33 persen. Ada gap sebesar 20 persen," ujarnya

Survei Poltracking ini dilakukan sejak tanggal 8-15 November 2017. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Survei ini menggunakan sampel 2.400 responden dengan margin eror +/- 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sidang gugatan sejumlah calon legislatif Partai Gerindra.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Mulan Jameela dan beberapa caleg menggugat Partai Gerindra.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2019