Kostrad Selamatkan 16 Korban Kapal Tenggelam di Laut Aru

16 penumpang dan anak ABK KM Lingkar yang tenggelam di Perairan Aru.
Sumber :
  • Kostrad

VIVA – Sebanyak 16 penumpang dan anak buah kapal (ABK)  KM Lingkar yang tenggelam di Perairan Aru, Maluku, diselamatkan Satgas Yonif Raider 515 Kostrad pada Minggu, 26 November 2017. Sedangkan 10 orang penumpang sampai Senin pagi tadi belum ditemukan.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

KM Lingkar mengalami musibah dan tenggelam di sekitar perairan Batu Bendera, Sungai Benjina. Kapal itu memuat material tower dan 17 orang pekerja serta sembilan ABK. Mereka akan memasang tower milik Telkomsel di Kabupaten Kepulauan Aru tepatnya di Desa Lorang, Manjau, Alagadang dan Irloi.

Disampaikan Komandan Pos (Danpos) Satgas Yonif Raider 515/Kostrad, Pelda Muryono, saat melakukan perjalanan menuju Dobo sekitar pukul 11.20 WIT, melihat sekelompok masyarakat berjumlah 16 orang terapung di laut sekitar Batu Bendera, sungai Benjina melambaikan tangan dan minta pertolongan. Kemudian rombongan Pelda Muryono  melakukan penyelamatan sambil memastikan apa yang sedang terjadi.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

"Ternyata mereka adalah korban selamat dari KM Lingkar yang tenggelam. Mereka menyampaikan masih ada 10 orang yang hilang," ujar Mulyono.

16 penumpang dan anak ABK KM Lingkar yang tenggelam di Perairan Aru.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Menurut Kapten Kapal KM Lingkar, Anhar Jefratin, kapal berangkat dari Dobo pada Sabtu malam dan Minggu pagi sekitar pukul 04.45 WIT, tiba di sekitar perairan Batu Bendera Sungai Baraka, Kabupaten Kepulauan Aru.

Kapal tiba-tiba miring ke kanan selanjutnya kapal perlahan tenggelam, selanjutnya ABK kapal dan pekerja langsung menyelamatkan diri dengan melompat ke air untuk berenang menuju ke daratan yang jaraknya sekitar 50 meter.

“Kami 16 orang dapat mencapai daratan dan selamat sedangkan yang 10 orang sampai sekarang nasibnya belum diketahui,” katanya.

Menolong Korban

Beruntung, menjelang siang hari melintas kapal kayu di perairan  Batu Bendera, Sungai Barakai Kepulauab Aru.  Kapal kayu tersebut dari Mesiang yang bertujuan ke pelabuhan Dobo yang ditumpangi oleh Danpos Satgas Pelda Mulyono.  

Satgas 515/Kostrad beserta dua orang anggota selanjutnya melaksanakan pertolongan terhadap semua korban yang berhasil menyelamatkan diri di daratan dan selanjutnya dibawa ke Benjina.

Hingga saat ini 16 orang yang selamat sudah dievakuasi ke Polsek Benjina untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sementara itu Danramil 1503-03 Dobo terus berkoordinasi dengan Danalanal Aru, Polres Kabupaten Kepulauan Aru dan BPBD Kabupaten Kepulauan Aru untuk melakukan pencarian terhadap korban yang saat ini belum diketemukan.

Korban-korban yang belum ditemukan terdiri dari sembilan orang pekerja tower, yaitu Agus Suwiknyo, Abdul Wahab, Budiono, Hartono, Yanto, Faat, Bunawi, Khoirul, Ali Mudor dan satu ABK bernama Anhar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya