Gunung Agung Mulai Lontarkan Batu Panas

Kondisi Gunung Agung, Selasa, 28 November 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan

VIVA – Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika menyatakan, Gunung Agung mulai melontarkan bebatuan panas. 

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Lontaran batu panas tersebut telah terpantau jatuh di Desa Dukuh, Karangasem. "Ya sudah ada lontaran batu panas di Desa Dukuh. Wilayahnya sudah kosong karena radius 4 kilometer dari puncak," kata Suantika di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa, 28 November 2017.

Lontaran batu itu terpantau pukul 15.00 Wita setelah terjadi tremor over scale pada pukul 13.30 Wita hingga pukul 14.00 Wita. "Itu kami  anggap sebagai fenomena tremor yang over scale tadi," ujarnya menambahkan. 

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Dari skala yang terlihat, batu dengan suhu panas 500 derajat celsius itu terlihat lebih besar dari kepalan tangan manusia. "Kecepatan lontarannya kami harus hitung dulu," ujarnya. 

Ia belum bisa memastikan berapa persen lontaran batu yang telah dimuntahkan itu dibanding material yang dikandung gunung setinggi 3.142 mdpl itu. "Sampai saat ini belum kami ambil sampel batunya karena tidak ada yang berani ke sana." (mus)
 

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024