Bencana di Pacitan, 14 Orang Ditemukan Tewas

Bencana tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur.
Sumber :
  • Agus tvOne

VIVA – Satu per satu korban meninggal dunia akibat bencana banjir dan longsor di belasan desa Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ditemukan oleh petugas Satuan Komando Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana. Hingga Kamis petang, 30 November 2017, jumlah korban meninggal yang sudah ditemukan sebanyak 14 orang.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Merujuk pada data Posko Darurat Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan, ke-14 korban meninggal dunia itu adalah lima orang ditemukan karena terhanyut banjir dan sembilan orang ditemukan tertimbun material longsor. Lima korban diduga tertimbun longsor masih proses pencarian.

Selain korban jiwa, banjir dan longsor mengakibatkan sejumlah rumah, kantor instansi pemerintah dan infrastruktur seperti bendungan dan jalan mengalami kerusakan. Akses ke beberapa titik desa terdampak belum sepenuhnya bisa dilalui karena tertutup material longsoran dan jalan rusak atau amblas karena gerusan air.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Tetapi secara umum, debit air mulai menurun dan genangan surut. Ribuan warga terdampak masih bertahan di delapan lokasi pengungsian yang tersebar di beberapa desa. Sebagian warga kembali ke rumah. Bantuan logistik masih dibutuhkan.

VIVA coba mengonfirmasi melalui telepon soal data akurat jumlah korban itu kepada pihak BPBD Pacitan, Dian Nita, tetapi belum direspons. Seorang petugas dari Pusat Pengendali Operasional BPBD Jatim membenarkan informasi tersebut.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

"Data sementara seperti itu, tetapi bisa berkembang karena ada korban belum ditemukan," katanya melalui pesan singkat.

Di bagian lain, bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan berdatangan dari sejumlah daerah di Jatim, baik dari instansi pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan. Di antaranya dari Kepolisian Daerah Jawa Timur dan beberapa Kepolisian Resor.

"Delapan truk bantuan dikirim ke Pacitan dari Polda Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung, Mangera, Kamis malam. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya