Hujan Deras Bikin Rel Kereta di Garut Amblas

Jalur kereta api di Garut Jawa Barat yang ambles akibat tergerus longsor, Kamis, 7 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat.

VIVA - Akibat hujan yang mengguyur kawasan Garut sejak Rabu, 6 Desember 2017, sore hingga malam hari, menyebabkan jalur rel Kereta Api di Kilo Meter 227+ antara Stasiun Warung Bandrek dan Bumi Waluya, terganggu.

KAI Daop 6 Operasionalkan 2 KA Tambahan dari Solo Balapan Saat Lebaran

Kepala Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Oprasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, bahwa hingga pagi ini jalur tersebut belum bisa dilewati.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi, jalur KA, mengalami amblas," ujar Joni Kamis, 7 Desember 2017.

Tiket Kereta Api Jarak Jauh Dijual Mulai Rp 25 Ribu dari 3 Stasiun Ini, Catat Rutenya

Hingga pagi ini kereta api belum bisa melintas, petugas masih berusaha melakukan perbaikan jalur rel KA. Jalur tersebut amblas karena tanah di bawah rel terkikis air.

"Tanah yang berada di sekitar dan bawah rel turun ke bawah," kata Joni.

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Menurut Joni, empat kereta api tidak bisa melewati jalur Selatan Jawa Barat ini sejak dini hari tadi. Keempat kereta api tersebut masing-masing KA Mutsel, KA Malabar, KA Turangga dan KA Lodaya.

"Untuk KA Lodaya memutar ke jalur utara kemudian 165 penumpang KA Turangga dan 267 penumpang KA Lodaya dievakuasi menggunakan bus," katanya.

Dia menambahkan, selain di Wilayah Garut, jalur kereta api untuk jalur Selatan Jawa Barat juga terganggu di petak Rajapolah-Ciawi Tasikmalaya. Berdasarkan laporan dari PPKA Rajapolah terjadi kecelakaan, sebuah truk terguling menimpa rel KA.

"Laporan kami terima kejadian truk terguling sekitar pukul 06.20 WIB.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya