Waspada Cuaca Ekstrem Sampai Akhir Desember 2017

Ilustrasi-Dampak cuaca ekstrem
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika memperingatkan agar masyarakat mewaspadai kemunculan cuaca ekstrem hingga akhir Desember 2017. Kondisi ini beriring dengan prediksi puncak musim hujan yang akan muncul pada bulan Januari-Februari 2018.

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

Terkhusus di Yogyakarta, menurut Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Djoko Budiono menyebutkan dalam waktu dekat akan ada potensi hujan deras merata.

"Dalam dua hingga tiga hari ke depan hujan diprediksi akan mulai kembali merata di hampir sebagian besar wilayah DIY," katanya, Senin, 11 Desember 2017.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Saat ini, secara global sedang muncul siklus Moonson Asia, yang memang mengandung banyak uap air. Pergerakannya menguat ke arah wilayah Yogyakarta, setelah beberapa hari sebelumnya melemah.

Akibat itu, diperkirakan akan adanya beberapa sirkulasi angin dengan skala kecil di sebelah barat Sumatera, Kalimantan dan utara Papua. Seluruhnya akan berakumulasi ikut mendorong pembentukan awan hujan di Yogyakarta.

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Sejumlah Wilayah Hari Ini

"Curah hujan saat ini yang paling berpotensi muncul adalah di Kulonprogo bagian utara, diikuti Sleman, Kota Yogyakarta dan sebagian wilayah Bantul," katanya.

Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024