Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIBA 2023

Indonesia,Filipina dan Jepang terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket
Sumber :

VIVA – Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 bersama Filipina dan Jepang setelah menang fase final pencalonan, Sabtu, 9 Desember 2017 di Swiss mengalahkan Argentina dan Uruguay yang juga mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama.

Pimpinan DPR Kompak Tak Mau Revisi UU MD3

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, bahwa Indonesia bangga atas kepercayaan dunia yang telah menunjuknya bersama Filipina dan Jepang dalam ajang bola basket tertinggi dunia tersebut dan mengajak masyarakat Indonesia untuk turut bergotong royong mensukseskan event tersebut.

"Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah, dan Indonesia bersama Filipina serta Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," tutur Sekretaris Jenderal Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Patrick Baumann.

Puan Tegas Bilang Pemenang Pileg 2024 yang Berhak Jadi Ketua DPR

Menurut Patrick Baumann, ketiga negara Asia tersebut memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah.

Selain itu, jumlah populasi penduduk gabungan Indonesia, Filipina, dan Jepang yang mencapai 500 juta jiwa dimana proporsinya lebih banyak anak muda dianggapnya bisa sejalan dengan visi FIBA yaitu menjadikan bola basket sebagai olah raga paling populer di dunia.

Puan Ngaku Enggak Ada Instruksi Soal Hak Angket

Rencananya, turnamen Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 akan digelar di lima arena di tiga kota yaitu Jakarta (Indonesia), Manila (Filipina) dan Okinawa (Jepang) dengan mempertimbangkan pilihan lokasi penyelenggaraan yang harus dekat dengan layanan akomodasi, media, kesehatan dan hal penting lainnya.

Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir menganggap bahwa keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 sebagai wujud kepercayaan dari dunia internasional.

"Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 merupakan wujud kepercayaan dunia internasional. Oleh karena itu kita harus menjawab kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik," kata Erick Thohir yang merupakan Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) dan juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Erick menyebutkan bahwa menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang ingin Indonesia lebih sering menggelar kejuaraan internasional demi percepatan terbentuknya industri olah raga di Tanah Air. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya