Akbar Tanjung Yakini Novanto Tak Akan Lolos dari Jerat KPK

Akbar Tanjung
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA – Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung, meyakini Setya Novanto tak akan lolos dari jerat hukum Komisi Pemberantasan Korupsi dalam perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Akbar mengamati persidangan sejumlah terdakwa dalam kasus e-KTP itu yang pada akhirnya semua divonis bersalah dan dipenjara, meski hukumannya berbeda-beda. Begitu juga Novanto, katanya, akan dinyatakan bersalah.

"Saya pesimis Setyo Novanto akan lolos dari jeratan KPK dengan semua bukti yang nanti akan disampaikan di Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi)," kata Akbar di sela-sela forum diskusi Refleksi Kepahlawanan Prof Lafran Pane di kampus Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu, 13 Desember 2017.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pendapat serupa disampaikan Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua Umum Muhammadiyah, yang hadir juga dalam kesempatan itu. Dia meyakini Novanto akan dipenjara. "Jika pun lolos hal itu bisa terbukti karena hakimnya bukan dari KPK, namun hakim Tipikor," katanya.

Guru besar pada Universitas Negeri Yogyakarta itu mengingatkan, meski Novanto kelak terbukti bersalah, tak adil jika menumpahkan kesalahan korupsi e-KTP hanya kepada sosok sang ketua DPR. Soalnya uang negara yang dikorupsi dalam kasus itu mencapai triliunan rupiah, pasti ada pihak lain yang terlibat.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

"Sehingga ini tugas KPK untuk membongkar kasus mega korupsi. Tapi berani, ndak, KPK," katanya. (ase)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024