Ridwan Kamil Diprediksi Menang Mutlak jika Gandeng Aa Gym

Ulama kondang Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA – Calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diprediksi menang mutlak jika berpasangan dengan dai kondang Abdullah Gymnastyar atau Aa Gym sebagai calon wakil gubernurnya.

Saling Hujat karena Beda Pilihan Presiden, Ini Pesan Damai Aa Gym

Prediksi itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi atau eLSID di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 14 Desember 2017.

Menurut survei itu, Aa Gym mendapatkan nilai tertinggi dalam kategori paling pantas mendampingi Ridwan Kamil dengan persentase 22,8 persen.

Anies Temui Aa Gym di Masa Tenang Pemilu, Apa Saja yang Dibicarakan?

Tokoh lain yang digadang-gadang akan dipasangkan dengan Ridwan Kamil, Daniel Mutaqien (kader Partai Golkar) dan Syaiful Huda (Ketua PKB Jawa Barat), memperoleh nilai kurang 15 persen. Daniel Mutaqien 12,3 persen dan Syaiful Huda 9,7 persen.

Menurut Direktur eLSID, Dedi Barnadi, dukungan tinggi pada Aa Gym itu diperkuat dengan hasil survei yang menginginkan tokoh agama dalam posisi wakil gubernur yang mencapai 20,5 persen. Sosok selain tokoh agama, misal, pengusaha hanya 16,7 persen, sedangkan bidang lainnya 3,2 persen.

Deddy Corbuzier Diingatkan Aa Gym Buat Ngaji: Jangan Podcast Melulu

Survei juga mensimulasikan pasangan Ridwan Kamil-Aa Gym dilawankan dengan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu. Hasilnya Ridwan Kamil-Aa Gym memiliki persentase kemenangan paling tinggi. Pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu berada di tingkat persentase 25,7 persen, sedangkan paket Ridwan Kamil-Aa Gym 39,4 persen.

Survei itu digelar pada 30 November sampai 8 Desember 2017 dengan jumlah responden 630 orang dan margin error mencapai 4,3 persen.

KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Aa Gym Resah Kawasan Pondok Pesantren Jadi Tongkrongan Malam Anak Muda

KH. Abdullah Gymnastiar atau yang dikenal dengan panggilan Aa Gym, yang juga pemilik dan pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid, membagikan video viral hal tongkrongan.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024