Gempa Susulan 5,7 SR Mengguncang Barat Daya Garut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melaporkan terjadi gempa susulan di Jawa Barat pada Sabtu pagi, 16 Desember 2017.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melaporkan terjadi gempa susulan di Jawa Barat pada Sabtu pagi, 16 Desember 2017.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dikutip dari akun resmi Twitter BMKG, @infoBMKG, gempa berkekuatan 5,7 skala richter itu itu berpusat di barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada pukul 07.22.28 WIB. Lokasi tepatnya di 8.09 lintang selatan,106.76 bujur timur, dan 129 kilometer barat daya Garut. Pusat gempa di kedalaman 10 kilometer.

Meski skala getaran cukup kuat, yaitu 5,7 skala richter, BMKG memastikan gempa itu tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa itu hingga berita ini dipublikasikan.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Gempa serupa terjadi di laut Jawa Barat pada Jumat tengah malam, 15 Desember. Pusat gempa berada di Tasikmalaya dengan kekuatan 7,3 Skala Richter sebelum diperbaiki parameternya menjadi 6,9 skala richter.

BMKG sempat mengumumkan peringatan dini gelombang tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Namun beberapa saat kemudian, peringatan dini itu dicabut karena tak berpotensi tsunami.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, gempa awal memang terdeteksi potensi tsunami. Namun berdasarkan hasil analisis, kekuatan yang tercatat dari hasil pembaharuan, gempa terjadi dengan kekuatan 6,9 skala richter pada kedalaman 107 kilometer.

Setelah sekira dua setengah jam, pada pukul 02.20 WIB, Sabtu, 16 Desember 2017, peringatan tsunami akhirnya dicabut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya