Pengacara Heran, Novanto Disangka Bohong Soal Penyakitnya

Setya Novanto saat menjalani sidang perdana korupsi e-KTP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail mengungkapkan kondisi kesehatan terakhir kliennya masih mengalami diare dan juga masalah pada jantungnya. Ia pun meminta agar dokter di rumah tahanan memeriksa kliennya.

Jalani Sidang, Setnov Tak Tahu Detil Alasan Pengacara Ajukan PK

"Yang jadi persoalan jaksa mengatakan cuma dua kali ke kamar mandi. Saya minta pada beliau (Novanto) supaya meyakinkan orang kalau dia sakit diare, saya minta dia catat berapa kali ke kamar mandi, jam berapa. Ada catatannya semua," kata Maqdir dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu 16 Desember 2017.

Ia menambahkan catatan Novanto ini dikatakan bohong soal waktu kapan saja ke toilet. Sebab, penjaga mengaku hanya dua kali. Persoalannya, penjaga tahanan tak mengamati setiap tahanan tiap tahanan.

Gaya Baru Setnov, Dekat Napi Terorisme dan Mengaku Khatam Alquran

"Kalau bisa dikonfirmasi pada tetangga atau teman satu kamar, ini yang tidak dilakukan. Mereka tak percaya. Kalau kemarin, belum ada obat. Saya minta supaya beliau diberikan pengobatan, supaya diperiksa dokter yang lain, supaya kondisi objektifnya bisa dilihat secara baik. Saat ini keluhannya diare dan jantung," kata Maqdir.

Ia menjelaskan soal jantung memang berpengaruh dari kondisi Novanto yang dianggap mengalami stres. "Stres ke jantung," kata Maqdir.

KPK Segera Rilis Dua Tersangka Baru Kasus E-KTP

Saat sidang perdana Rabu 13 Desember 2017 Novanto mengaku sedang menderita diare. Menurutnya sehari semalam ia harus bolak balik ke toilet sebanyak 20 kali. Namun KPK bersikukuh Novanto hanya dua kali buang hajat. Dokter yang memeriksanya menyatakan ia sehat.

Agus Rahardjo

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan motif mantan Ketua KPK Agus Rahardjo yang menyebut Jokowi intervensi kasus e-KTP

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023