Jabar, Jatim dan Sumsel Raih IGA 2017

Leadership Award 2017
Sumber :
  • ANTARA/Ahmad Subaidi

VIVA – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi terhadap kinerja kepala daerah, dalam bentuk pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2017.

Demo Tolak Pemekaran Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Papua Ditangkap

Menteri  Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, acara ini memberikan apresiasi kepada daerah yang komitmen membangun otonomi daerah. Penilaian kepala daerah ini bukan oleh Kemendagri, tetapi ada tim dari LIPI, IPDN, UI untuk yang independen.

Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan, penghargaan itu juga diberikan kepada kepala daerah yang serius melaksanakan program strategis pemerintah pusat. Menurut dia, pemberian penghargaan ini bukan diraih oleh banyak kepala daerah namun yang benar-benar memberikan inovasi.

Daerah Diminta Percepat Bentuk Perda Retribusi Persetujuan Bangunan

"Ini memang terbatas sekali, tidak banyak tapi mudah-mudahan tahun ini akan bisa menambah semangat untuk teman-teman yang lain," ujar Tjahjo di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin malam, 18 Desember 2017.

Sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Balitbang Kemendagri memiliki tugas untuk melakukan penilaian terhadap inovasi yang dilakukan suatu daerah. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Permendagri Nomor 43 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendagri.

Mendagri: ASN Harus Bangun Pola Pikir dan Budaya Kerja Melayani Publik

Inovasi daerah dapat berbentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi bentuk lainnya, sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. 

Ada tiga hal utama dalam melakukan penilaian Innovative Government Award (IGA), yakni aspek kuantitas, aspek kualitas dan aspek manfaat.

Penilaian dan pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif sudah pernah diadakan pada 2007, 2008, 2010 2011, 2012, 2013. Kini, Kemendagri kembali memberikan award itu dengan skema yang baru. 

Penilaian melalui serangkaian tahapan, mulai dari penjaringan profil inovasi daerah pada Agustus, verifikasi profil pada September, dan validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan.

Berikut daftar pemenang IGA 2017:

Kategori Provinsi:  Jawa Barat  (Jabar), Jawa Timur (Jatim) dan  Sumatera Selatan (Sumsel).

Kategori Kabupaten: Lebak, Madiun, Malang, Gresik, Sleman, Boyolali, Bogor, Musi Rawas, Bantaeng dan Pinrang

Kategori Kota: Tangerang Selatan, Surabaya, Surakarta, Probolinggo, Magelang, Yogyakarta, Makassar, Pontianak, Sawahlunto dan Bontang.
Area lampiran

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya