PDIP: Kewenangan Undang Menteri di Komisi DPR

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Pramono Anung, menyatakan kewenangan mengundang menteri untuk rapat dengar pendapat di tangan komisi. Kemudian komisi menyampaikan melalui pimpinan dewan yang membawahi komisi tersebut.

Pada konteks Komisi Kesehatan, pimpinan DPR yang membawahi adalah Wakil Ketua DPR Marwoto Mitrohardjono. Dan Marwoto, ujar Pram, telah menyetujui pemanggilan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih.

"Pak Marwoto sendiri secara resmi sudah menulis surat pada waktu itu tapi belum ada pembicaraan ke tingkat pimpinan," ujar Pramono Anung yang termasuk pimpinan DPR itu di kantor pusat PDIP, Jakarta, Rabu 28 Oktober 2009.

"Sehingga kami ingin meluruskan untuk selanjutnya, supaya ini tidak terjadi kembali karena kewenangan itu ada pada komisi kemudian komisi melalui pimpinan dewan dalam hal ini wakil ketua yang membidangi," ujar Pram. "Dan ini sudah menjadi tradisi di DPR."

Namun Pram menyatakan, tak masalah jika hari ini gagal menghadirkan Menteri Kesehatan. "Mungkin karena menterinya baru, atau belum siaplah begitu sehingga memerlukan waktu," ujarnya. "Tapi ini bukan tanpa waktu yang tak terbatas. Setelah ini, kita akan memanggil mitra-mitra semua sesuai tugas dan fungsi masing-masing komisi."

Pembatalan ini datang dari Ketua DPR Marzuki Alie. Marzuki menyatakan tak ada agenda substansial dalam pemanggilan Menteri Kesehatan ke DPR. Sementara Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyatakan ada prosedur yang tak tepat dalam agenda rapat kerja dengan Menteri Kesehatan hari ini sehingga harus dibatalkan Ketua DPR.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman
CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie sambut juara All England

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

The Chef de Mission (CdM) of the Indonesian contingent at the 2024 Paris Olympics, Anindya Bakrie gave appreciation to PP PBSI over Indonesian Success in All England..

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024