DPR Mulai Panggil Menteri Awal November

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat akan menggelar Rapat Badan Musyawarah siang ini. Salah satu agenda adalah sinkronisasi jadwal, termasuk agenda pemanggilan menteri.

"Mulai minggu depan sudah bisa pemanggilan menteri," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 29 Oktober 2009.

Pemanggilan menteri dan presiden, menurut Priyo, ada prosedurnya. Kewenangan pemanggilan menteri berada di komisi namun harus ditandatangani wakil ketua DPR. Sementara pemanggilan presiden ditandatangani Ketua DPR.

"Pimpinan DPR tidak memiliki kewenangan melarang komisi memanggil menteri," ujar Priyo. "Tapi untuk kasus yang kemarin, saya berpandangan yang positif," ujar Priyo.

Kasus yang dimaksud Priyo adalah aksi Ketua DPR membatalkan pemanggilan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih oleh Komisi IX. Priyo menyatakan, pembatalan itu dilakukan karena sebelumnya tak diagendakan di rapat Bamus.

"Pada sisi prosedural mendukung Ketua larena memang belum melalui Bamus," ujar Priyo. "Pada sisi politik, saya tidak bisa berkomentar, saya tidak akan mencampuri," ujarnya.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis
Kang Tae Oh

Aktor Kang Tae Oh Selesai Wajib Militer Hari Ini

Waktu yang dinanti-nanti oleh penggemar akhirnya telah tiba! Aktor Kang Tae Oh dikabarkan telah menyelesaikan masa wajib militer (wamil) hari ini. Kini sang aktor kembali

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024