PSI: Kritik Amien Rais 'Asbun'

Dewan Kehormatan PAN Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aprilio Akbar

VIVA – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia, Danik Eka Rahmaningtiyas, mengkritik pernyataan Amien Rais yang menyebut Presiden Joko Widodo melakukan pengibulan dalam program bagi-bagi sertifikat tanah kepada rakyat.

PSI DKI Tolak Amandemen Perpanjang Masa Jabatan Presiden

Dalam keterangan persnya yang diterima VIVA, Rabu, 21 Maret 2018, Danik menilai, pernyataan pendiri Partai Amanat Nasional itu tidak mendasar.

"Saya menilai bahwa sebagai politisi senior dan tokoh bangsa, tudingan Pak Amien Rais tidak berdasar, bahkan cenderung asbun (asal bunyi)," ujar Danik. 

Sebelum Akun Instagram Hilang, Giring Cerita Soal Mobil China

Baca juga: Jokowi Rajin Bagi-bagi Sertifikat, Amien Rais: Pengibulan

Menurut Danik, program pembagian sertifikat tanah oleh Jokowi, tidak hanya memberikan perlindungan hukum bagi rakyat kecil atas kepemilikan lahan, tapi juga memberi nilai tambah ekonomi sebagai jaminan untuk mendapat akses modal dari perbankan. 

Berkunjung ke Gunungkidul, Giring Ungkap Asal Usul Namanya

"Program ini sangat progresif," kata Danik.

Baca: Luhut Ancam Bongkar Dosa Amien Rais

Selain itu, menurut Danik, konflik-konflik yang berkaitan dengan agraria terjadi sangat masif. Rakyat kecil rentan jadi korban. 

Danik menyebutkan, data Konsorsium Pembaruan Agraria mencatat bahwa sepanjang 2015-2017, telah terjadi sebanyak 1.361 konflik agraria. Dengan adanya sertifikasi tanah rakyat, kata Danik, maka ada perlindungan terhadap kepemilikan. Selain itu, meningkatkan bargaining position dalam tawar menawar.

"Merujuk pada data KPA, konflik agraria sangat masif, rakyat kecil rentan jadi korban tanpa adanya sertifikat sebagai tanda bukti legal atas lahan yang dimiliki. Banyak rakyat kecil yang rentan kalah dalam sengketa lahan, khususnya apabila menghadapi sengketa dengan perusahaan besar," tuturnya.

Baca: Ternyata, Amien Rais cuma Senyum Diancam Luhut

Untuk itu, Danik berharap, sebagai politikus senior dan tokoh bangsa, Amien Rais harus lebih arif dan bijak dalam menyampaikan kritik atas berbagai program Jokowi. Katanya, perbedaan pandangan tentu diperlukan dalam mengoreksi dan memperkaya tawaran alternatif kebijakan. 

"Saya berharap Pak Amien Rais sebagai politisi senior lebih arif dan bijak dalam memberi kritik. Tentu kritik dan perbedaan pandangan diperlukan untuk mengoreksi ataupun memberi tawaran alternatif kebijakan. Namun tentunya dengan memberi masukan yang konstruktif," ujar Danik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya