Partai Demokrat Bersikukuh Poros Ketiga Masih Ada Harapan

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan bahwa poros ketiga dalam pilpres masih sangat mungkin muncul. Poros ini disebutkan Partai Demokrat  belum bisa dianggap mati.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Poros ketiga belum pernah mati, masih terus, bisa jadi poros ketiga jadi alternatif pilihan. Masih hidup tuh," kata Hinca di gedung DPR, Jakarta, Jumat 18 Mei 2018.

Ia meneruskan, Demokrat juga masih terus melakukan komunikasi untuk menjajaki poros ketiga misalnya berkomunikasi dengan PKS, PKB, PAN bahkan dengan Partai Gerindra.

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

"Dengan partai-partai lain juga kita ngobrol. Kalau ditanya mungkin enggak itu membentuk poros ketiga, sangat bergantung nanti 27 Juni setelah pilkada. Ada enggak korelasi langsung pilkada dengan pilpres? Ada," kata Hinca.

Hinca menjelaskan bahwa 74 persen pemilih pilkada kali ini adalah pemilih pilpres dan dalam pilkada tahun ini terdapat 17 pemilihan gubernur yang bisa menjadi gambaran.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

"Setengah dari republik ini (adakan pilgub). Di gubernur ini seru ini. Dan itu akan membuat konstelasi berubah karena akan melihat kekuatan karena kan kau akan pilih siapa wakilmu untuk menang tho," kata Hinca. (ren)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY. (Foto ilustrasi)

Jika Pilpres 2024 Ada 3 Poros, SBY Bisa Jadi King Maker

Pilpres 2024 diharapkan jangan head to head atau dua poros. Hal ini merujuk pengalaman Pilpres 2014 dan 2019.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2021