Angket Century

PDIP Tak Mau Demokrat Pimpin Angket Century

VIVAnews -  Sejumlah fungsionaris Demokrat telah menyatakan kesiapan fraksinya untuk memimpin pansus angket Century. Jika azas proporsionalitas digunakan dalam penentuan pimpinan pansus angket, maka Demokrat yang merupakan fraksi terbesar di parlemen memang berpotensi besar untuk menjadi ketua angket.

Fraksi PDIP lantas angkat bicara dan menolak mentah-mentah kepemimpinan Demokrat dalam angket Century.

"Yang harus digunakan adalah azas kepatutan, bukan azas proporsionalitas. Patutkah fraksi yang sedari awal menolak angket dengan berbagai macam alasan, kini ujung-ujungnya menjadi ketua pansus?" ujar fungsionaris PDIP, Effendi Simbolon, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 26 November 2009.

Sebaliknya, kata Effendi, apakah patut fraksi yang sejak awal menggagas dan mengawal angket, kemudian justru sekedar menjadi anggota pansus. "PDIP sangat keberatan. Ini tidak fair dan menjadi concern kami. Kami minta Demokrat untuk berbesar hati dan tidak memaksakan diri untuk mengetuai pansus angket," ujar Effendi.

Ketua DPP PDIP itu juga menghimbau agar Demokrat bersikap dewasa dengan mengurungkan niat mereka untuk memimpin angket.

Sebelumnya, Ketua DPR yang juga anggota Fraksi Demokrat, Marzuki Alie, memang menyatakan bahwa penetapan ketua angket selayaknya ditentukan berdasarkan mekanisme proporsional. Fungsionaris Demokrat, Ruhut Sitompul, bahkan jelas-jelas mengatakan bahwa Demokrat siap memimpin angket.

Keinginan Demokrat juga ditentang oleh para penggagas angket, dan justru dicurigai sebagai bagian dari upaya Demokrat untuk mengendalikan dan menggembosi proses angket.

"Saya menerima SMS yang berbunyi, Demokrat sedang menggalang kekuatan untuk menggembosi angket," tutur Lili Wahid, inisiator angket dari Fraksi PKB. Terlepas dari benar atau tidaknya isi sms tersebut, Lili mendesak agar pansus angket diketuai oleh fraksi yang sejak awal memang menggagas angket.

Anggota Fraksi Demokrat merupakan yang terakhir membubuhkan tanda tangan dukungan atas angket. "Mari berpikir positif terhadap Demokrat. Yang jelas, siapapun yang berupaya menggembosi angket akan jadi public enemy," tandas Maruarar Sirait, inisiator asal Fraksi PDIP.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024