Nasional Demokrat Sasar 100 Kecamatan

VIVAnews - Setelah dideklarasikan pada 1 Februari 2010, Surya Paloh sebagai Ketua Umum Nasional Demokrat hari ini resmi membentuk kepengurusan di tingkat pusat. Selain kepengurusan, Nasional Demokrat juga meluncurkan enam program cepat tanggap termasuk salah satunya penyebaran 1.000 ekor kambing.

"Untuk merealisasikan mandat di atas maka hari ini, 17 Februari 2010, Nasional Demokrat melantik Pengurus Pusat, Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar, serta Badan Rescue dan Badan Kesenian dan Kebudayaan Nasional Demokrat," kata Willy Aditya, Wakil Sekretaris Jenderal Nasional Demokrat, dalam rilis ke VIVAnews.

Untuk program cepat tanggap ini, Nasional Demokrat telah memilih 100 kecamatan yang diutamakan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai model best practice dalam mengembang politik solidaritas, ekonomi emansipasif dan partisipatif, serta budaya gotong-royong sebagai pilar dalam gerakan Restorasi Indonesia.

Program cepat tanggap antara lain adalah:
1. Program Intensifikasi Pertanian Rakyat
Nasional Demokrat sudah mengirim bantuan benih padi untuk petani sampai seluas 15 (lima belas) ribu hektar. Dengan pintu masuk bantuan benih, Nasional Demokrat ikut berpartisipasi untuk meningkatkan produktifitas petani.

2. Program Pengembangan Peternakan Rakyat
Nasional Demokrat akan mendedikasikan 1.000 (seribu) kambing yang akan digulirkan kepada masyarakat. Penerima bantuan akan diorganisir dalam kelompok produktif. Hasil dari produksi kambing tersebut akan digulirkan lagi kepada kelompok masyarakat lainnya.

3. Program Pendidikan Rakyat
Pertama, program jangka pendek yang akan disumbang oleh Nasional Demokrat adalah membangun sekolah dasar di daerah terpencil atau daerah perbatasan. Dalam jangka pendek akan dibangun setidaknya 5 (lima) sekolah dasar. Kedua, Nasional Demokrat juga akan membangun sekolah yang partisipatif dari rakyat untuk tingkat taman kanak-kanak atau PAUD.  Di Daerah perkotaan akan
dibangun 10 sekolah PAUD untuk menjadi contoh sekolah yang dibangun dari rakyat sendiri dan potensi desa setempat.

4. Program Rapor Negara
Nasional Demokrat akan melakukan evaluasi terhadap pemerintah, melakukan kritik membangun atas dasar data-data yang obyektif. Program evaluasi ini ditujukan untuk semua bidang ekonomi, industri, kesejahteraan rakyat dan sosial politik. Evaluasi akan dilakukan setiap 4 bulan sekali dan disiarkan oleh media massa nasional.

5. Pembentukan Badan Rescue Nasional
Badan Rescue ini dibentuk secara khusus untuk  mengembangkan budaya gotong-royong antar sesama. Badan ini juga untuk mewujudkan kepedulian melalui pelayanan kesehatan berupa puskesmas keliling, merespons segala bentuk musibah dan bencana alam. Fasilitas yang akan disediakan berupa ambulans, tenda peleton, mobil pemadam kebakaran, dll.

6. Pengembangan Kewirausahaan
Untuk menyelesaikan masalah produktivitas dan kesejahteraan ini, maka peningkatan kewirausahaan harus ditingkatkan melalui partisipasi pelatihan, pembinaan dan bantuan langsung.  Berdasarkan penilaian terhadap masalah ini Nasional Demokrat membuat program penciptaan kewirausahaan dalam jangka pendek dengan melatih dan menumbuhkan 100 wirausahaan baru.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024