3 Pilkada Kabupaten di Sumbar ke Putaran Dua

Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews - Tiga pemilihan bupati dan wakil bupati di Provinsi Sumatera Barat harus digelar dua putaran. Putaran kedua akan digelar 22 Agustus 2010.

“Kami harap masing-masing KPU (kabupaten) segera mengajukan anggaran untuk putaran kedua,” kata anggota KPU Sumbar bidang sosialisasi Husni Kamil Manik pada VIVAnews, Rabu, 14 Juli 2010.

Tiga daerah yang akan menggelar Pilkada putaran kedua yakni, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Limapuluh Kota. Masing-masing calon kepala daerah yang bertarung di pilkada setempat tidak satu pun yang memenuhi kuota 30 persen suara pemilih.

Di Padang Pariaman, menurut informasi KPU setempat, pasangan koalisi Golkar, Hanura, dan PDIP akan bertarung dengan pasangan yang diusung koalisi 14 parpol. Incumbent Ali Mukhni-Damsuar yang diusung Golkar mengumpulkan suara terbanyak pada Pilkada lalu dengan perolehan 46.337 suara (29,2 persen). Di putaran dua, Ali Mukhni-Damsuar akan bertarung dengan pasangan Muhammad Yusuf-Zamzamil yang mendapatkan 30.505 suara (19,30 persen).

Di Kabupaten Agam, pasangan yang cabup yang diusung Golkar, Indra Catri-Umar Junus yang mengumpulkan 52.051 suara (29,84 persen) akan bertarung dengan pasangan koalisi PAN-PPP, Guspardi Gaus-Mukhsis Malik yang mendapatkan 36.927 suara (21,17 persen).

Sedangkan di Kabupaten Limapuluh Kota, kembali pasangan yang diusung koalisi Golkar-PBR, Alis Marajo-Asyrwan Yunus akan bertarung di putaran kedua dengan pasangan Demokrat Irfendi Arbi-Zadri Hamzah. Pasangan Demokrat unggul di putaran pertama dengan perolehan suara 28,59 persen. Sedangkan pasangan yang diusung Golkar memperoleh 24,49 persen suara.

Dari 14 pilkada serentak yang digelar di Sumbar akhir Juni lalu, hanya tiga daerah tersebut yang menggelar putaran dua. Selebihnya, pilkada berjalan dalam satu putaran berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara KPU. (umi)

Laporan Eri Naldi | Padang

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024
Anies-Muhaimin, Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Anies Baswedan mengatakan bahwa masih ada banyak pesan dari MK usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan KPU sebagai capres cawapres terpilih

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024