Marzuki: Apa Salahnya DPR Studi Banding

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua DPR RI Marzuki Alie meminta niat anggota DPR studi banding ke luar negeri untuk menyiapkan undang-undang tidak dipersoalkan. Sebab studi banding diperkenankan dalam UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

"Saya ingin tanya, kok kalau anggota DPR ke luar negeri itu sepertinya salah?" Kata Marzuki di DPR RI, Jakarta, Selasa 14 Septemberi 2010.

Menurutnya, interaksi langsung lewat studi banding membuat anggota DPR mendapat pengetahuan lebih lengkap. "Mereka kan mau membuat undang-undang. Undang-undang itu kan harus memenuhi semua kepentingan, bernuansa jangka panjang, ya harus melihat dong (negara lain)," kata Marzuki.

"Dan itu sudah diperkenankan dalam UU MD3 kita, dan sudah dianggarkan, kok salah?" tambah Marzuki.

Studi banding yang direncanakan DPR terkait dengan pembuatan UU kepramukaan atau kepanduan.

Saat ditanya mengapa mesti melakukan studi banding ke negara yang belum tentu kegiatan kepanduan atau pramuka di sana lebih baik dibandingkan Indonesia, Marzuki mengatakan bahwa dirinya setuju apabila itu yang dipersoalkan. "Nah itu yang dipertanyakan. Kalau itu, boleh. Saya sepakat. Tapi kalau persoalan studi banding kemudian marah, di departemen ke luar negeri setiap hari (ke luar negeri) nggak ribut, tapi kalau ini ke luar negeri kok salah. Heran saya," kata Marzuki.

Media, menurut Marzuki, silakan bertanya mengapa mesti memilih negara studi tersebut, Afrika Selatan misalnya. Tetapi untuk niatan studi banding ke luar negeri itu sebenarnya tidak perlu diributkan. Marzuki menyesalkan apabila persoalan studi banding ke luar negeri untuk kepentingan membuat undang-undang malah dipersoalkan dan dipertentangkan.  "Itu nggak pas," kata Marzuki.

Sebab, menurut Marzuki, DPR mesti membuat undang-undang yang dipersiapkan dengan baik. Sudah diperkenankan dalam undang-undang MD3 bahwa DPR bisa menyiapkan rancangan undang-undang melalui studi pustaka maupun studi lapangan ke tempat lain. "Kajian kan macam-macam, jadi nggak harus studi pustaka saja, studi lapangan juga perlu," kata Marzuki.

Besar di Paris, Olimpiade 2024 Terasa Lengkap bagi Kapten Guinea
Ilustrasi Pelari

Jangan Asal Gaya! Hati-Hati Penggunaan Sepatu Carbon Plated Buat Lari

Setahun lalu, muncul sepatu dengan fitur carbon plate. Sepatu jenis ini cukup hits di kalangan pelari.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024