Kapolri Baru Bisa Diproses 3 Hari

Kabareskrim Polri Komjen Polisi Ito Sumardi (kiri).
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi hukum belum menerima surat pencalonan Kepala Kepolisian dari Presiden. Wakil Ketua Komisi III, Tjatur Sapto Edy, menyatakan, mungkin hari ini atau besok baru masuk nama calon Kapolri itu.

Karena surat belum masuk, makanya Tjatur tak mau berandai-andai siapa calon yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Komisaris Jenderal Ito Sumardi pun baru sekadar spekulasi yang disebut sejumlah politisi, katanya.

Prosedurnya, kata Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional itu, surat masuk ke pimpinan DPR dulu. Dari pimpinan baru diserahkan ke Komisi untuk ditindaklanjuti.

"Kami kemudian harus mencari masukan masyarakat dulu, kemudian ujung prosesnya baru uji kelayakan," kata Tjatur saat ditelepon VIVAnews, Senin 4 Oktober 2010.

Namun, kata Tjatur, proses ini bisa saja dipercepat mengingat Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri yang akan segera pensiun. "Jadi mungkin nanti prosesnya bisa dilakukan dalam dua atau tiga hari," kata Tjatur.

Sebelumnya, Ketua DPR Marzuki Alie pernah menyatakan Presiden akan mengirim surat pencalonan Kapolri baru pada 3 Oktober. Kemarin, Wakil Ketua DPR Pramono Anung memberi petunjuk bahwa calon Kapolri adalah yang pernah menjadi Kapolwil Surabaya dan dua kali menjadi Kapolda di Sumatera.

Nama yang cocok dengan petunjuk itu adalah Ito Sumardi, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Ito tercatat pernah menjabat sebagai Kapolwiltabes Surabaya pada 2001-2003. Ito Sumardi juga pernah dua kali menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah di Sumatera yakni Kapolda Riau menggantikan Brigjen Pol S Damanhuri pada Desember 2005 hingga akhir 2006 dan Kapolda Sumatera Selatan pada tahun 2006 hingga tahun 2008. (umi)

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih
Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024