DPD Tak Setuju Gubernur Dipilih oleh DPRD

Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MPR Taufiq Kiemas & Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Pemerintah masih menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) soal Pemilihan Gubernur oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Namun, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman mengungkapkan ketidaksetujuan rencana ini.

Hal ini diungkapkan Irman Gusman dalam sebuah seminar nasional tentang pemerintahan daerah di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta 9 Desember 2010. "Pilkada langsung bentuk kedaulatan rakyat. Kalau balik lagi ke DPRD bukan pilihan tepat sekarang ini," kata Irman.

Irman memahami, Pilkada secara langsung memiliki ekses negatif, terutama soal politik uang (money politic). Namun itu bukan alasan untuk meniadakan pilkada langsung dan mengembalikan pemilihan gubernur ke DPRD.

"Kalau ada permasalahan money politic dan sebagainya, sistem yang harus diperbaiki. Bukan kemudian dikembalikan ke DPRD," ucap senator asal Sumatera Barat ini.

Sebagai salah satu usulan perbaikan sistem pilkada, Irman mengusulkan agar ada aturan terhadap pendanaan pilkada. "Bagaimana hadapi high cost, harus disederhanakan sistem pemilu. Dari tingkat pilpres, pilkada, peraturan lebih ketat dalam biaya kampanye," jelas Irman.

Selain itu, Irman mengatakan pemilihan gubernur di DPRD menyebabkan partai politik hanya akan mendominasi dalam pemilihan gubernur. Peran masyarakat sipil pun berkurang, dan calon independen terancam tidak bisa mengikuti pemilihan gubernur.

"Karena civil society tidak bisa berpartisipasi dalam politik. Selama ini calon independen bisa (ikut Pilkada), tidak harus dari Parpol. Tapi bagaiamana kalau itu di DPRD," ucap Irman. (umi)

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama
Ziarah Kubur Jelang Ramadan

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Adab lain yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan ziarah kubur adalah tidak diperbolehkan untuk duduk atau berdiri di atas kuburan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024