KPK Cuma Bicara 5 Menit, Rapat Langsung Usai

Rapat Timwas Century dengan Kejagung
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tim Pengawas Kasus Bank Century Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya memutuskan  melanjutkan rapat dengan KPK dan tidak lagi mempersoalkan status deponir Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Kesepakatan itu tercapai melalui lobi antarfraksi di menit-menit terakhir setelah beberapa politikus memutuskan ke luar dari rapat karena tak setuju kehadiaran Bibit dan Chandra. Sebelumnya, Timwas menghabiskan waktu dua jam hanya untuk berdebat soal Bibit-Chandra.

Namun di luar perkiraan, rapat ternyata hanya berlangsung selama lima menit. Pasalnya, rapat hanya mendengarkan pemaparan singkat dari Ketua KPK Busyro Muqoddas dan Ketua BPK Hadi Poernomo terkait perkembangan penyelidikan kasus Bank Century, tanpa diikuti oleh sesi pendalaman yang biasanya melibatkan tanya jawab antara Timwas dengan KPK dan BPK.

"Lobi memutuskan  melanjutkan rapat, namun menunda sesi pendalaman," kata pimpinan rapat, Wakil Ketua DPR Pramono Anung di hadapan forum. Alhasil, rapat pun tidak berjalan maksimal dan tidak menggali substansi seperti yang semula dijadwalkan.

"Belum ditemukan bukti-bukti yang cukup terkait tindak pidana korupsi terkait kasus Bank Century," ujar Busyro dalam laporan ringkasnya. Secara keseluruhan, pembahasan substansi rapat pun hanya berlangsung selama lima menit.

Sebelumnya, lima fraksi menginginkan rapat ditunda, yakni Gerindra, PKB, PKS, PDIP, dan Golkar. Sementara tiga fraksi menghendaki rapat dilanjutkan, yaitu PPP, PAN, dan Demokrat. Namun hasil lobi memutuskan rapat dilanjutkan, dengan penundaan pada sesi in-depth (pendalaman).

Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto menanggapi perdebatan yang berlangsung lama di Timwas dengan santai. "Ya keadaannya memang seperti itu. Biarkan saja, mereka sedang belajar berdemokrasi," ujarnya usai rapat.

KPK menyatakan, mereka tidak kapok dengan fenomena debat kusir di DPR. "Kalau diundang lagi, ya kami tentu datang secara kolektif kolegial," kata Ketua DPR Busyro Muqoddas. Kelima pimpinan KPK tidak berlama-lama di DPR. Begitu rapat usai, mereka langsung meninggalkan gedung tempat wakil rakyat berkantor itu. (umi)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024